Home » , » Cara Membuat Makalah Tinjauan Ilmiah Bagi Guru

Cara Membuat Makalah Tinjauan Ilmiah Bagi Guru

 Salah satu karya ilmiah yang dapat dibuat untuk diajukan naik pangkat guru adalah makalah tinjauan ilmiah . Makalah tinjauan ilmiah ini sangat menguntungkan dari sisi angka kredit  sebesar 2 per makalah dan penyusunannya tidak lah terlalu sulit, sayangnya  jenis karya ilmiah tersebut belum populer diantara guru dan kalaupun ada yang membuat sering ditolak karena tidak sesuai dengan kriteria yang ditetapkan (buku 4 PKB dan buku 5 PKB terbitan tahun 2019).

Dari pengalaman sebagai tim penilai angka kredit guru ternyata  mereka salah persepsi atau kurang memahami konsep, kriteria dan standar karya yang satu ini sehingga sering cara penyusunan dan penulisan seperti diktat tidak menggambarkan masalah yang dibahas.  

Tulisan di bawah ini mungkin bermanfaat bagi para guru yang tertarik membuat karya  jenis makalah  tinjauan ilmiah sehingga dapat berkontribusi dalam pengumpulan angka kredit  dalam pengusulan naik panggakat.

A. Konsep Makalah Tinjauan Ilmiah Guru 

Makalah tinjauan ilmiah adalah karya tulis guru yang berisi ide/gagasan penulis dalam upaya mengatasi berbagai masalah pendidikan formal dan pembelajaran yang ada di satuan pendidikannya (di sekolahnya). Dari pengertian ini dapat terlihat ciri makalah tinjauan ilmiah seperti :

  1. Ada masalah yang ditemui atau dirasakan guru dalam ruang lingkup pendidikan formal dan pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas dilingkungan sekolah.
  2. Ada ide /gagasan dari guru untuk mengatasi  masalah  yang terjadi tersebut  
  3. Ide yang dicetuskan didukung teori/pendapat para ahli/pengalaman orang lain 
  4. Tempat terjadi masalah tersebut disekolah tempat guru mengajar (satuan pendidikannya) 

Masalah yang dimaksud seperti kesulitan siswa dalam belajar pada materi tertentu , praktik, kebiasaan yang kurang baik, disiplin , sikap dan lain-lain . Penyelesaian masalah tersebut akan menjadi masukan yang baik bagi sekolah (refrensi) dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan pendidikan . 

Bukti bahwa guru bersangkutan benar membuat makalah dan terbuka dipelajari guru lain maka perlu disertakan  

  1. Surat pernyataan tentang keaslian dari kepala sekolah yang  disertai tanda tangan kepala sekolah/ dan cap sekolah
  2. Surat keterangan dari pengelola perpustakaan sekolah yang  menyatakan bahwa arsip dari makalah tersebut telah disimpan di perpustakaan sekolahnya

B. Struktur / Susunan Makalah Tinjauan Ilmiah

Struktur makalah tinjauan ilmiah terdiri dari tiga bagian seperti di bawah ini: 

Bagian Awal 

Halaman Judul, 

Lembar Persetujuan/Keaslian dari Kepala Sekolah 

Surat Keterangan dari kepala /pengelola perpustakaan 

Kata Pengantar,

Abstrak (Ringkasan)

Daftar Isi

Daftar Tabel (kalau ada)

Daftar Gambar (kalau ada)

Daftar Lampiran 

Bagian Isi  terdiri dari :

Bab I PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang Masalah 

B. Rumusan  Masalah 

C. Tujuan 

D. Manfaat

Baca juga: Langkah Analisis Dalam Penelitian 

Bab II KAJIAN TEORI /TINJAUAN PUSTAKA 

Dalam bab ini perlu dijelaskan masalah yang ditemui dalam lingkup pembelajaran/pendidikan formal disekolahnya , selanjutnya dijelaskan Teori yang dapat  mendukung pemecahan masalah  ide atau gagasan, seperti pendapat para ahli, pengalaman /hasil penelitian orang lain  dan hal lain yang terkait  dengan masalah dan pembahasannya 

Bab III PEMBAHASAN 

Uraian hasil yang dicapai dan indikator dengan menerapkan ide/gagasan tersebut .Jelaskan bahwa hasilnya dengan membanding data-data  bagaimana tindakan , cara langkah-langkah yang dilakukan guru , alat dan atau instrumen yang digunakan , tempat dan waktu 

Pihak yang mana yang menunjang pelaksanaan penyusunan makalah tinjauan ilmiah  hubungkan teori dengan yang ada . Langkah yang harus dibuat adalah inovatif dan keaslian , kecemerlangan 

Bab III PENUTUP 

A. Simpulan 

B. Saran/Rekomendasi 

Bagian Pendukung :

DAFTAR PUSTAKA 

LAMPIRAN –LAMPIRAN 


C. Alasan Makalah Tinjauan Ilmiah Sering ditolak (Tidak dapat dihitung angka kreditnya)

Makalah tinjauan ilmiah yang diajukan untuk memperoleh angka kredit dapat ditolak jika tidak sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan. Dalam buku Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembanagan Keprofesian Berkelanjutan dijelaskan dua alasan penolakan. Makalah tinjauan ilmiah ditolak jika:

1. Dinyatakan sebagai Tinjauan Ilmiah, namun belum mengikuti sistematika penulisan dan alur berpikir ilmiah sebagai karya tinjauan ilmiah sesuai dengan pedoman.

Disarankan memperbaiki  publikasi ilmiah tersebut dengan memakai sistematika publikasi tinjauan ilmiah, yang terdiri atas Bagian Awal, Bagian Isi, dan Bagian Penunjang sebagaimana yang dijelaskan pada bagian terdahulu.

2. Dinyatakan sebagai Tinjauan Ilmiah, namun tidak dijumpai adanya data-data dan gagasan penulis dalam membahas/mengatasi masalah.

Disarankan memperbaiki publikasi ilmiah tersebut dengan memakai sistematika publikasi ilmiah tinjauan ilmiah, yang paling tidak memuat:

  • Bagian Awal yang  terdiri dari: halaman judul; lembaran persetujuan; kata pengantar; daftar isi, daftar label, daftar gambar dan lampiran, serta abstrak atau ringkasan.
  • Bagian Isi umumnya terdiri dari beberapa bab yakni: Bab Pendahuluan yang menjelaskan tentang Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah. Bab Kajian Teori/Tinjauan Pustaka. Bab Pembahasan Masalah yang didukung data-data yang ada di satuan pendidikannya. Yang sangat perlu disajikan pada bab ini adalah kejelasan ide atau gagasan asli si penulis yang terkait dengan upaya pemecahan masalah di satuan pendidikannya (di sekolahnya). Bab Kesimpulan.
  • Bagian Penunjang  sajian daftar pustaka dan lampiran-lampiran tentang data yang dipakai untuk menunjang tinjauan atau gagasan ilmiah.

Demikianlah pembahasan mengenai karya tulis berupa tinjauan ilmiah semoga bermanfaat. 


5 komentar: