Home » » `Langkah Analisis Data Penelitian

`Langkah Analisis Data Penelitian

Setelah peneliti mengumpulkan data, maka data tersebut  perlu diolah dengan baik untuk nantinya memperoleh kesimpulan. Data yang terkumpul tersebut dapat digolongkan ke dalam dua jenis yaitu data kualitatif dan kuantitatif. 

Analisis kualitatif merupakan salah satu cara analisis yang mempergunakan data kualitatif. Wujud data kualitatif adalah kata-kata bukan angka. Cara memperolehnya tidak mempergunakan alat-alat pengukur seperti tes namun data diperoleh dengan cara seperti observasi, wawancara,angket ,  intisari dokumen, pita rekaman, gambar. 

Analisis Kuantitatif adalah analisis data yang berupa sebaran angka-angka dan dianalisis dengan statistik deskreptif atau statistik inferensial. 

1. Untuk Penelitian Kualitatif 

Langkah analisis data yang dilakukan dalam penelitian kualitatif adalah sebagai berikut:

a. Reduksi data

Data yang diperoleh dari responden ditulis dalam bentuk uraian/laporan yang rinci. Laporan dari responden itu masih merupakan data mentah. Oleh karena itu, laporan itu perlu direduksi/diringkas, disusun lebih sistematis, ditonjolkan pokok-pokok yang penting, sehingga lebih mudah dikendalikan.

b. Display data 

Data yang telah direduksi didisplay/ditampilkan dalam bentuk matriks, grafik, network atau charts agar dapat dilihat gambaran keseluruhan atau bagian-bagian tertentu dari penelitian.

c. Melakukan Triangulasi 

Triangulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain. Di luar data untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu. Moloeng (2007:330), artinya data yang telah terkumpul perlu dicermati dan dibandingkan untuk memperoleh kesimpulan. 

d. Mengambil kesimpulan dan pembuktian (verivikasi)

Data yang sudah disusun berdasarkan kedua langkah di atas, maka dengan mudah ditentukan kesimpulannnya. Kesimpulan pertama bersifat sementara, masih sangat tentatif, kabur, atau diragukan. Namun, dengan bertambahnya data, maka akan terwujudlah kesimpulan kedua, dan seterusnya. 

Baca juga: Kegiatan Observasi dan Refleksi Dalam PTK

Kesimpulan ini harus diverivikasi selama penelitian berlangsung. Caranya adalah dengan mencari data baru atau pengambilan data dilakukan team. Hal tersebut berguna  agar lebih menjamin obyektivitasnya atau validitasnya.   

2. Untuk penelitian kuantitatif 

Untuk menganalisis data dari penelitian kuantitatif  dilakukan dengan langkah berikut:

a. Persiapan

Dalam persiapan yang penting dilakukan adalah pengecekan data terhadap kebenaran data diantaranya meliputi: 

1. Pengecekan nama dan kelengkapan identitas responden, 

2. Pengecekan kelengkapan data, 

3. Pengecekan macam isian data 

b. Tabulasi 

Dalam melakukan tabulasi data hal yang penting dilakukan adalah:

- Membuat kode-kode data

- Memberi skor terhadap butir yang perlu diskor 

- Membuat tabulasi data

- Merumuskan jenis data yang disesuaikan dengan teknik analisis yang akan digunakan 

c. Penentuan Tujuan Analisis Data 

Penentuan tujuan analisis data sangat erat hubungannya dengan statistik yang digunakan, yaitu deskriptif atau statistic inferensial. Jika tujuan analisisnya hanya bersifat deskripsi maka analisis yang digunakan adalah analisis sederhana yaitu analisis dengan menggunakan rumus statistik sederhana seperti rata-rata, distribusi frekuensi, dan presentase. 

Baca juga: Teknik Pengumpulan Data Dalam PTK

Apabila tujuan analisisnya bersifat inferensial, maka analisis yang dipergunakan adalah anlisis konfrenhensif yaitu mempergunakan statistiki t-tes, korelasi, anova, dan lain sebagainya. Apabila jenis penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), umumnya dianalisis dengan analisis dengan statistik sederhana (rata-rata, fekuensi dan presntase)

d. Menafsirkan Hasil

Dalam menafsirkan hasil data didasarkan pada jenis analisis yang dupergunakan atau dikehendaki. Jika analisis yang dikehendaki penelitian adalah analisis sederhana maka tafsirannya berbentuk deskripsi seperti rata-rata dan presentase. Apabila yang dikehendaki penelitian adalah analisis konfrehensif maka tafsirannya bisa menerima atau menolak hipotesis guna menggenerelasikan kepada populasi. 

Demikianlah langkah sederhana analisis data penelitian berupa data kualitatif maupun kuantitatif. 


0 komentar:

Post a Comment