Home » » Mengapa PTK Guru Ditolak?

Mengapa PTK Guru Ditolak?

Tidak sedikit guru kecewa ketika mengetahui laporan penelitian tindakan yang diajukan untuk memenuhi angka kredit dari publikasi ilmiah belum dapat dinilai angka kreditnya.  Tentunya tim penilai punya alasan yang kuat bahwa PTK yang diajukan tersebut belum dapat dihargai angka kreditnya karena berbagai alasan sesuai dengan ketentuan yang digariskan dalam pedoman penilaian publikasi ilmiah (Buku 5 Pedoman Penilaian PKB Tahun 2019). 

Laporan hasil penelitian tindakan kelas, berisi laporan hasil penelitian yang dilakukan guru pada bidang pendidikan yang telah dilaksanakan guru di sekolahnya dan berupa tindakan kelas. Penulisan laporan penelitian tindakan kelas harus memenuhi APIK (Asli, Perlu, Ilmiah dan Konsisten). 

Baca Juga: Langkah Analisis Data Penelitian 

Berdasarkan APIK tersebut berikut ini ada 5 jenis alasan atau penyebab  penolakan terhadap laporan penelitian tindakan kelas(PTK) dan solusi untuk perbaikannya.  

Alasan Penolakan Jenis 1

Dinyatakan sebagai laporan PTK, namun: tidak jelas apa, bagaimana dan mengapa kegiatan tindakan yang dilakukan, tidak jelas tindakan yang dilakukan pada tiap sikulus dan  bagaimana peran hasil evaluasi dan refleksi untuk kelanjutan  siklus-siklus berikutnya.

Jika PTK yang disusun guru tidak dapat dinilai dengan alasana jenis 1 maka disarankan untuk membuat publikasi ilmiah baru, yang berisi atau mempermasalahkan permasalahan nyata di bidang pendidikan formal pada satuan pendidikannya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan.

Alasan Penolakan Jenis 2

Dinyatakan sebagai laporan PTK, namun apa yang dijelaskan dalam laporan tersebut hanya berupa laporan pembelajaran biasa, tidak ada tindakan yang merupakan pembaharuan dari kegiatan yang biasa dilakukan, tahapan dalam siklus sama dengan tahapan pembelajaran biasa (misalnya satu siklus hanya satu kali pertemuan). 

PTK bukan pembelajaran biasa tetapi  merupakan proses mencoba dan menganalisis penggunaan metode baru yang diutamakan bukan hanya hasil tetapi prosesnya (satu siklus minimal dua kali pertemuan).

Jika penolakan PTK dengan alasan jenis 2 maka  disarankan kepada guru agar membuat untuk membuat publikasi ilmiah baru atau PTK baru , yang berisi atau mempermasalahkan permasalahan nyata di bidang pendidikan formal pada satuan pendidikannya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan.

Alasan Penolakan jenis 3

PTK yang diajukan belum memenuhi isi dan lampiran sebuah laporan PTK seperti:  

1) metode penelitian belum mengemukakan tahapan dan tindakan tiap siklus dan indikator keberhasilannya, 2) pada laporan hasil dan pembahasan belum melaporkan data lengkap tiap siklus, perubahan yang terjadi pada peserta didik, guru atau kelas serta bahasan terhadap keseluruhan hasil penelitian dan 3) lampiran belum lengkap.

Jika alasan penolakan jenis 3 maka kepada guru yang mengajukan PTK disarankan  untuk membuat PTK yang  baru  atau memperbaiki laporan hasil penelitiannya dengan menggunakan kerangka isi sebagai berikut: Bagian Awal yang terdiri dari: halaman judul; lembaran persetujuan; kata pengantar; daftar isi, daftar tabel, daftar gambar dan lampiran, serta abstrak atau ringkasan. Bagian Isi umumnya terdiri dari beberapa bab yakni:

  • Bab Pendahuluan yang menjelaskan tentang : Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah , Tujuan dan Kemanfaatan Hasil Penelitian;
  • Bab Kajian Teori/ Tinjauan Pustaka;
  • Bab Metode Penelitian;
  • Bab Hasil-hasil dan Diskusi Hasil Penelitian; serta
  • Bab Simpulan dan Saran-Saran.

Bagian Penunjang sajian daftar pustaka dan lampiran-lampiran yang selengkap-lengkapnya (seperti instrument yang digunakan, contoh hasil kerja peserta didik, contoh isian instrumen, foto-foto kegiatan, surat ijin penelitian, rencana pembelajaran (RPP), dan dokumen pelaksanaan penelitian lain yang menunjang keaslian penelitian tersebut).

Baca Juga: Kumpulan Contoh Judul PTK-PTS

Alasan Penolakan Jenis 4

Secara umum isi laporan PTK yang diajukan telah cukup baik, akan tetapi  beberapa lampiran penting belum dilampirkan. Jika masalahnya kelengkapan lampiran solusinya guru bersangkutan agar segera melampirkan minimal 

  • Semua RPP untuk semua siklus, 
  • Semua instrumen yang digunakan dalam penelitian,
  • Contoh hasil kerja peserta didik dan guru
  • Surat ijin penelitian 
  • Foto-foto kegiatan beserta penjelasannya, 
  • Daftar hadir untuk semua pertemuan, 
  • Bukti-bukti bahwa PTK telah diseminarkan 

Alasan Penolakan Jenis 5

Laporan PTK belum diseminarkan.

Jika PTK ditolak dengan alasan belum diseminarkan maka solusinya adalah untuk segera melakukan seminar di sekolahnya, dengan mengundang minimal 3 sekolah di sekitarnya dengan jumlah peserta seminar minimal 15 orang (kecualiuntuk daerah 3T dan SPILN) atau disemninarkan di forum MGMP tingkat kabupaten. Bukti seminar harus memenuhi segala kelengkapan kegiatan seminar seperti: 

  • Undangan peserta seminar 
  • Surat keterangan dari kepala sekolah /panitia seminar, 
  • Berita acara seminar
  • Daftar hadir (minimal 15 orang)  
  • Notulen seminar 
  • Foto-foto seminar 

Demikianlah alasan penolakan terhadap PTK yang diajukan guru dan solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi penolakan tersebut. 


0 komentar:

Post a Comment