Home » » Kumpulan Contoh JUDUL PTK-PTS

Kumpulan Contoh JUDUL PTK-PTS

Tidak sedikit para guru dan pengawas sekolah  yang mau membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Penelitian Tindakan Sekolah(PTS), memulai dari judul sehingga banyak waktunya digunakan untuk memikirkan judul yang harus diteliti.
Asumsi seperti ini kurang tepat, karena langkah awal dalam melakukan penelitian dimulai dimana peneliti  merasakan atau mengenali masalah dalam pelaksanaan tugasnya.

Merasakan adanya sesuatu gab atau kesenjangan antara kenyataan (realitas ) dengan harapan (tujuan/target) yang seharusnya dicapai atau diperoleh. Untuk mendapatkan hal tersebut dibutuhkan refleksi atau perenungan terhadap apa yang telah dilakukan secara cermat.

Namun demikian dalam proses belajar membuat PTK-PTS, dan untuk memudahkan melakukan refleksi dibawah ini disajikan contoh judul-judul PTK dan PTS, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK dengan harapan melalui contoh judul PTK dan PTS ini para guru maupun pengawas sekolah ter inpirasi untuk melakukan refleksi kemudian  berinovasi untuk peningkatan mutu pembelajaran atau pembinaan yang dilakukan.

Judul PTK-PTS yang baik minimal dapat menjawab empat pertanyaan pertama” Apa yang mau ditingkatkan /perbaiki ?; kedua “ Siapa yang mau ditigkatkan/diperbaiki ?”, ketiga, “bagaimana cara meningkatkan/ memperbaiki ?” keempat “ dimana dan kapan dilakukan peningkatan ?”  dan sebagai tambahan adalah cara peningkatan tersebut harus berbeda dengan cara biasa dan dalam ruang lingkup tugas dan tanggungjawab si peneliti.

Berikut ini contoh-contoh judul PTK-PTS dengan harapan dapat membuka wawasan menemukan masalah yang layak diteliti.

A. Contoh Judul PTK Untuk Guru SD

1. Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas … SD …

2. Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Diskoveri-Inkuiri Kelas IV SD…

3. Upaya Meningkatkan Minat Siswa Belajar IPA Melalui Metode Pemberian Tugas Terstruktur Prapembelajaran Di SD ….

4. Peningkatkan Keaktifan Belajar IPA Melalui Pendekatan Ketrampilan Proses Di SD ….

5. Optimalisasi  Pembelajaran Matematika  Melalui Penggunaan Alat Peraga Secara Efektif di SD …

6. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Melalui Pendekatan Eksploratory Discovery di ….

7. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode Laboratory di SD ….

8. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA di SD…  Melalui Pendekatan CTL.

9. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Indonsesia SD… Dengan Mengefektifkan Penggunaan Media Gambar Seri

10.  Upaya Menimbulkan Keantusiasan Siswa Dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra Indonesia Di SD… Melalui Metode Quantum Teaching

11. Upaya Mengatasi Kenakalan Anak Yang Mencari Perhatian di Kelas I SD…Dengan Bimbingan Moral

12. Upaya Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Pelajaran Matematika Melalui Pendekatan Cooperative Learning di SD …

13. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Pendapat Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Metode Diskusi Pada Siswa Kelas… SD…,

14. Membangkitkan Gairah Belajar IPS  Melalui  Penggunakan Media Gambar di SD ….

15. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa  Melalui Pemberian Reword di SD ….

16. Upaya Meningkatkan Kedisplinan Siswa Melalui Penerapan Punishment Dan Reward di ….

17. Upaya Meminimalkan Miskonsepsi Pemahaman Konsep-Konsep IPA Melalui Pembelajaran Konstruktivistik Bagi Siswa Kelas IV SD ….

18. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA  Dengan Pendekatan Ketrampilan Proses di SD …

19. Upaya Meningkatkan Ketrampilan Berbahasa Lisan Siswa Kelas V SD … Dengan Menggunakan Metode Diskusi Intensif

20. Upaya Meningkatkan Ketrampilan Menulis Siswa Di Kelas V SD Melalui Pembelajaran Holistik
21. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemberian Penguatan Di SD ….

22. Upaya Mengaktifkan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di SD… Melalui Pendekatan Problem Basic Learning.

23. Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Dengan Strategi Pakem Kelas IV SD ….

24. Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Lisan (Berbicara) Melalui Metode Sosiodrama Di SD ….
25. Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Melalui Pengintegrasian Permainan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD ….

26. Upaya Meningkatkan Prestasi Mata Pelajaran Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Mastery Learning Di ….

27. Upaya Meningkatkan Daya Kreativitas Siswa Melalui Metode Pemberian Tugas Terstruktur Di SD….

28. Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Pada Anak Kelas V SD…  Melalui Pendekatan Inkuiri

29. Efektivitas Model Pembelajaran Media Alam Sekitar Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas I Semester I SD Negeri ….

30. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Pengurangan Dengan Teknik Meminjam Bilangan 50 Sampai 100 Menggunakan Metode Demonstrasi Dengan Memanfaatkan Alat Peraga Kantong Nilai Tempat Pada Siswa Kelas I SD Semester  ….

31. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Pada Pokok Bahasan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Cacah Dengan Permainan Kartu Bridge Di SD ….

32. Upaya  Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Metode Bermain Peran Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas I SD ….

33. Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Kelas I SD ….

34. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Penggunaan Media Buku Halus Pada Siswa Kelas I SD ….

35. Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng Dengan Pendekatan Integratif Melalui Teknik Dengar-Cerita Pada Siswa Kelas I SD ….

36. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar… Pokok Bahasan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Cacah Dengan Permainan Kartu Bridge

37. Peningkatan Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Cacah Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas ..SD Negeri ….

38. Penggunaan Metode Penemuan Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Pada Konsep Penjumlahan Kelas…Semester … SD ….

39. Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pemberian Pujian Dan Peraga Yang Menarik Pada Siswa Kelas …  Mata Pelajaran PKn Di SD Negeri ….

40. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa  Pada Konsep Benda Dan Sifatnya  Melalui Model Pembelajaran  Picture To Picture Di SD….

41. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Metode Show And Tell Pada Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Kelas … SD ….

42. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas…Menggunakan Metode Eksperimen Pada Konsep Perubahan Wujud Benda Di SD….

43. Upaya Meningkatkan Pemahaman Operasi Bilangan Cacah Di Kelas…SD Melalui Pembelajaran Contextual Teaching And Learning.

44. Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Matematika Konsep Perkalian Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah Di….

45. Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPA  Di Kelas … SD ….

46. Penggunaan Alat Peraga Manipulatif (Manipulative Material) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Perkalian Dan Pembagian Bilangan Cacah Di SD ….

47. Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning.

48. Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktifitas Siswa Pada Pokok Bahasan Pengerjaan Hitung Campuran Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Media Permainan Mencari Harta Karun Di Kelas … Semester 1 SD Negeri ….

49. Meningkatkan Keterampilan Berhitung Siswa Kelas IIII SD… Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw Dengan Memanfaatkan Kartu Bilangan Pada Pokok Bahasan Perkalian

50. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Kelas III SD ….

51. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Tentang Pengaruh Energi Bagi Kehidupan Sehari-Hari Melalui Strategi Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division  Di SD ….

52. Meningkatkan Kemampuan Belajar Nenulis Karangan Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Komik Pada Siswa Kelas III SD ….

53. Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Operasi Hitung Bilangan Cacah Dengan Model Permainan Lacak Kartu Bilangan  Di SD….

54. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Pemanfaatan Mind Map Pada Siswa Kelas … SD …

55. Peningkatan Prestasi Dan Motivasi Belajar IPA Melalui Penggunaan Media KIT IPA Pada Siswa Kelas … SD ….

56. Meningkatkan Pemahaman Konsep Tentang Pokok Bahasan Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Melalui Pemanfaatan Alat Peraga Dan Lembar Kerja Pada   Siswa Kelas IV SD….

57. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan  Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Di SD …

58. Penggunaan Media Poster Dalam Pembelajaran IPA Topik Sifat Bahan Dan Kegunaannya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SD ….

59. Penerapan Metode Proyek Pada Pembelajaran IPA Tentang Energi Gerak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SD…

60. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran IPA Tentang Perubahan Kenampakan Bumi Dan Benda Langit  Di SD …

61. Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Cacah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Di SD ….

62. Penerapan Mengarang Terbimbing Model KWL (Know,Want, Learned) Dengan Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD  ….

63. Penerapan Pakem Dengan Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Di  SD ….

64. Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle Model ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Sumber Daya Alam

65. Model Latihan Bertanya Berpasangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di SD ….

66. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Snowball Throwing Dalam Pembelajaran IPS Di Kelas … SD….

67. Penggunaan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SD ….

68. Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Campuran Di Kelas … SD

69. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe TGT (Teams Games Tournaments) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa  Dalam Operasi Bilangan Bulat Di SD ….

70. Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Think-Pair Square (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SD….

71. Penerapan Model Learning Cycle Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Topik Pengaruh Perubahan Lingkungan Fisik Terhadap Daratan Di  SD….

72. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Pecahan Dengan Alat Peraga Manipulatif Di SD ….

73. Penggunaan Alat Peraga Secara Bervariasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Di SD ….

74. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok ( Group Investigation) Dalam Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV Di SD….

75. Penggunaan Metode Simulasi Dengan Pemanfaatan Makanan Tradisional Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Di SD ….

76. Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengajukan Pertanyaan Dengan Menggunakan Kartu Contoh Pertanyaan Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas IV SD….

77. Penerapan Model Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD ….

78. Penerapan Metode Kerja Kelompok Model Kepala Bernomor Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Siswa Dalam Pembelajaran IPS  Di SD….

79. Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPS Tentang Peninggalan Sejarah Melalui Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (Pakem)  Di SD ….

80. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Nilai Tempat Di Kelas … Melalui Pembelajaran Dengan Menggunakan Alat Peraga Blok Model Dienes Dan Abakus Di ….

81. Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas… SD ….

82. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dalam Bahasan Perbandingan Dan Skala Bentuk Soal Cerita Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah Matematika Model Polya Di SD ….

83. Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Teknik Tandur (Tumbuhkan,Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, Rayakan) Di Kelas … SD ….

84. Penggunaan Kertas Berpetak Dan Penerapan Strategi Learning Starts With A Question Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Luas Bangun Datar Di SD….

85. Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Isi Cerita Melalui Penggunaan Metode Sosiodrama Pada Pokok Bahasan Cerita Anak Di Kelas… SD….

86. Peningkatan Kemampuan Apresiasi Cerita Rakyat (Dongeng) Melalui Teknik Membaca Ekspresif Pada Siswa Kelas… Di SD….

87. Penggunaan Alat Peraga Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Bilangan Pecahan Di SD ….

88. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Operasi Hitung Pada Pecahan Melalui Pendekatan Heuristik Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD…

89. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Make A Match di SD ….

90. Penerapan Broken Square Games Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia Di SD N….

91. Upaya Peningkatan Guru Dalam Membelajarkan Siswa Dengan Menggunakan Strategi Konstruktivisme Untuk Memahami Penerapan Rumus Pytagoras Di SD ….

92. Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Kelas Dalam Melaksanakan Kepemimpinan Terhadap Siswa Dalam Pembelajaran Melalui Pembuatan Jadwal Pribadi Di SD N….

93. Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Dengan Mengefektifkan Supervisi Kelas Oleh Kepala Sekolah Pada SD N….

94. Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Strategi Pembelajaran Kontekstual Teanching And Learning Melalui Supervisi Akademik

95. Upaya Peningkatan Kepampuan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Kooperatif Melalui Pembinaan Kolaboratif

96. Model Pembinaan Clck (Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri) Dalam Program . Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru . Di ….

97. Upaya Peningkatan Kinerja Guru Dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal Melalui Workshop Di Tahun ….

98. Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Melalui Diskusi .. Di..

99. Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Akhir Semester Melalui Workshop Pada Kelas.. Di .. Tahun

100. Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Ulangan Semester . Melalui Rapat Kerja Mgmp Di…

101. Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah Dalam Menyusun Rencana Pengembangan Sekolah Melalui Workshop Di ....

102. Model Pembinaan Clck (Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri) Dalam Program . Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru . Di ….

103. Upaya Peningkatan Kinerja Guru Dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal Melalui Workshop Di Tahun ….

104. Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Melalui Diskusi .. Di....

105. Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Akhir Semester Melalui Workshop Pada Kelas.. Di .. Tahun

106. Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Ulangan Semester . Melalui Rapat Kerja Mgmp Di…

107. Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah Dalam Menyusun Rencana Pengembangan Sekolah Melalui Workshop Di ....

B. Contoh Judul PTK SMP

1.  Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Qur’an & Hadist Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Learning Together   Pada Siswa Kelas

2. Implementasi Metode Sosio Drama Dan Bermain Peranan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Kelas ………… Tahun Pelajaran….

3. Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Belajar Pendidikan Fiqih Pada Siswa …di ….

4. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Membaca Siswa Kelas VII  SMP Negeri Melalui Model Pembelajaran PBL Teknik Bercerita

5. Peningkatan Kemampuan Membawakan Acara Dalam Aktivitas Pembelajaran Berbicara Dengan Pendekatan Lesson Study Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN….

6. Penerapan Pembelajaran Fisika Dengan The 5 E Learning Cycle Model Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Guru dan Siswa Serta Prestasi Belajar Siswa Kelas VII  SMP Negeri….

7. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Datar Segi Empat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Partisipatif Siswa Kelas VII  SMP Negeri….

8. Penggunaan Metode Bermain Peran Pada Pembelajaran Sejarah Islam Untuk Meningkatkan Penghayatan Terhadap Ajaran Islam Dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa Kelas 2 SMP Negeri….

9. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Learning Cycle Di Kelas VI  SMP Negeri…

10. Peningkatan Pemahaman Konsep Hukum Bacaan Nun Mati Dan Tanwin Serta Mim Mati Melalui Penerapan Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas 1 Pada SMP Negeri….

11. Dengan Melalui Simulasi Permainan Dadu Yang Unik Akan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP….

12. Pemanfaatan Media Televisi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IX SMP Negeri….

13. Implementasi Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Tari Puspawresti Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri….

14. Implementasi Strategi 5E dengan Bahan Ajar Bermuatan Perubahan Konseptual sebagai Upaya Mengubah Miskonsepsi dan Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMP….

15. Pemberdayaan Prior Experience dalam Pembelajaran Modul Praktikum dengan Model Experential Learning sebagai upaya Meningkatkan Kompetensi Sains Siswa SMPN….

16. Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Penilaian Berbasis Kelas untuk Meningkatkan Kompetensi Fisika Siswa Kelas II SMP ….

17. Penggunaan Pendekatan Kontekstual Berbasis Inkuiri Bermedia Karikatur untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Menulis Siswa SMP ….
18. Implementasi Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan LKS dengan Model Pembelajaran Kooperatif TPS dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP
19. Implementasi Model Pembelajaran Reasoning and Problem Solving Berbasis Open-Ended Problem untuk Meningkatkan Kompetensi Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII SMP ….
20. Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP Negeri ….

21. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika dengan Metode Presentasi Siswa Kelas I SMP….

22. Efektivitas Problem Solving dengan Memanfaatkan Alat Peraga dalam Pembelajaran Geometri di Kelas VIII  SMP ….

23. Peningkatan Daya Berpikir Kritis Siswa terhadap Kondisi Lingkungannya melalui Penggunaan Peta Konsep pda Pembelajaran Sosiologi Kelas VII SMPN ….

24. Strategi Manajemen Saluran Penanganan Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kemandirian dan Tanggung Jawab pada Siswa SMPN….

25. Kolaborasi Pendekatan Struktural dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Metode Diskusi dalam Mengoptimalisasikan Pembelajaran Apresiasi Puisi Siswa Kelas VIII SMP ….

26. Upaya Menuntaskan Indikator Pembelajaran Siswa dengan Model Direct Instruction Konsep Tata Surya Mata Pelajaran IPA - Fisika ….

27. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Pendekatan Matematika Realistik di Kelas 7 SMPN 1 ….

28. Pengkombinasian Problem Possing dan Cooperative Learning untuk Pengajaran Matematika di Kelas Unggul pada SMP ….

29. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN … Melalui Model Kooperatif Tipe Think-Paire-Share

30. Meningkatkan Keterampilan Merumuskan Kesimpulan Melalui Penggunaan Peta Konsep pada Pengelompokan Makhluk Hidup Mata Pelajaran Sains-Biologi di Kelas VII SMP….

31. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Tongkat Estafet untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Makanan di SMP Negeri ….

32. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Gerak Melalui Penerapan Strategi Concept Mapping pada Kelas ….

33. Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mempelajari Naratif Teks Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning

34. Meminimalkan Kesalahan Operasi Hitung Bentuk Aljabar Melalui Penggunaan Pita Garis Bilangan di SMP ….

35. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Keterampilan Menyimak dan Berbicara Bahasa Inggris melalui Learning Community dengan Teknik Permainan Komunikatif di ….

36. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menyimak, Membaca, dan Menulis Bahasa Inggris Siswa SMPN ... melalui Cerita.

37. Pembelajaran Sain Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Academic Skill Siswa SMP N ….

38. Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP  tentang Kesebangunan dengan Penemuan Terbimbing (Guide Discovery)

39. Peningkatan Image Anak tentang Tempat-Tempat Jauh (Hubungannya dengan Kehidupan Manusia dan Lingkungan) melalui Media Gambar dan Group Discussion di   ….

40. Peningkatan Pemahaman Konsep-Konsep Biologi Melalui Strategi M2E (Mapping, Matrix, & Elaboration) pada Siswa Kelas 1 SMP ….

41. Mengatasi Miskonsepsi Siswa Kelas III SMP di …pada Materi Ajar Listrik Dinamis dengan Menerapkan Teknik Pemodelan dalam Setting Pembelajaran Generatif

42. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP melalui Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning)

43. Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Tanggungjawab Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Melalui Penggunaan Metode Cooperative Learning Model Jigsaw di SMP ….

44. Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Model Jigsaw dalam Pembelajaran Sains di SMP …

45. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (CTL) Kelas VII di….

46. Meningkatkan Partisipasi Siswa Kelas VII SMP …dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

47. Penerapan Pembelajaran Berbasis Kerja Ilmiah pada Konsep Ciri-ciri Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I SMP….

48. Peningkatan Kompetensi Menulis Pengalaman Siswa Kelas VII  SMP Negeri… Melalui Pola Latihan Berjenjang

49. Peningkatan Peran Aktif dan Motivasi Belajar Siswa SMP … melalui Pendekatan Keterampilan Proses dengan Metode Discovery

50. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Game Tournaments) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Matematika di ….

51. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Biologi melalui Pembelajaran Kooperatif di SMP Negeri ….

52. Penerapan kegiatan Hands on Activity dan Modified Discovery-Inquiry pada Mata Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas I SMP ….

53.  Penerapan Metode SQ3R sebagai Upaya untuk Meningkatkan Tingkat Kemampuan Penguasaan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SMP….

BACA JUGA : TEKNIK PENGUMPULAN DATA 

54. Upaya Meningkatkan Penalaran Fisika Siswa melalui Penekanan Konsep Esensial dan Peta Konsep di Kelas VII SMP….

55. Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa melalui Model Mengajar Perubahan Konseptual pada Mata Pelajaran Sejarah di SMP….

56. Meningkatkan Kompetensi Dasar Siswa Kelas IX SMP …dalam Pokok Bahasan Lingkaran melalui Penerapan Cooperative Learning Tipe TGT Bercirikan CTL

57. Penerapan Asesmen Kinerja untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa dalam Kerja Ilmiah pada Pembelajaran PA-Biologi di SMP N ....

58. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Apresiasi Sastra pada Mata Pelajaran Bahasa Daerah di Kelas 7 SMPN … melalui Penerapan Asesmen Autentik

59. Penerapan Model Pembelajaran Inquiri dalam rangka Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa dan Keterampilan Siswa dalam Penemuan Konsep secara Mandiri di SMPN ….

60. Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN ….

61. Menciptakan Iklim Pembelajaran Sejarah yang Menyenangkan melalui Snowball Drilling Method

62. Peningkatan Pembelajaran Aktif pada Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial dengan Teknik Jigsaw di SMP ….

63. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas II SMP … melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Jigsaw

64. Peningkatan Pemerolehan Bahasa Indonesia Ragam Tulis Siswa SMP…melalui Strategi Kooperatif Integrasi Membaca dan Menulis

65. Penerapan Pendekatan Open-Ended dan PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) pada Sub Pokok Bahasan Operasi Pecahan di Kelas VII  SMP ….

66. Implementasi Perangkat Model Bangun Ruang Sisi Lengkung dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Tabung, Kerucut dan Bola di Kelas II SMP ….

67. Penerapan Pendekatan Struktur Konsep untuk Peningkatan Pemahaman dan Penerapan Konsep Fisika dalam Mengatasi Miskonsepsi Siswa SMP N…..

68. Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Kelas dalam Pembelajaran Fisika Melalui Optimasi Rubrik Performance Assessment di ….

69. Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Komputer Program Interactive Atlas 2002 untuk Meningkatkan Penguasaan Materi… di ….

C. Contoh Judul PTK SMA

1. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Dengan Pendekatan Salingtemas (Sains-Lingkungan-Teknologi-Masyarakat) Dalam Meningkatkan Kemampuan Kerja Ilmiah Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri….

2. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Model Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA….

3. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Partisipatif Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XI….

4. Peningkatkan Prestasi Belajar Masalah Ekonomi Internasional Pada Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Siswa Kelas XII  Melalui Penerapan Metode Bervariasi di….

5. Penerapan Pendekatan Kolaboratif Murder Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sosiologi Para Siswa Kelas XI IPS..SMAN….

6. Upaya Peningkatan Kemampuan Dalam Penguasaan Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Menggantung (Schneper) Melalui Metode Drill Siswa Kelas X 2 Semester 1 SMA Negeri….

7. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Terhadap Konsep Gelombang Mekanik Melalui Pendekatan Kooperatif Model Tgt Menggunakan Figjig Pada Kelas III IPA SMA Negeri….

8. Penerapan Strategi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kompetensi Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri ….

9. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing (Bermain Peran) Dalam Meningkatkan Pemahaman Makna Keterbukaan Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Pada Siswa Kelas ….

10. Penerapan Model PBL pada Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 S….

11. Implementasi Metode Pembelajaran SQ3R Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri ….

12. Penerapan Pengajaran Konseptual Interaktif dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X3 SMA Negeri ….

13. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Konsep Peluang melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas XI ….

14. Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Narasi Siswa Kelas XI SMA … Melalui Pengintegrasian Metode Clustering dan Journalist’s Questions)

15. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas … Kendari Melalui Model Pembelajaran Inquiri

16. Meningkatkan Penguasaan Konsep Matematika Pokok Bahasan Statistika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada Siswa Kelas XI SMA ….

17. Penerapan Model Pembelajaran Advanced Organizer untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kimia Siswa XI Ilmu Alam SMA ….

18. Efektivitas Model Pembelajaran Rogers dalam Mengatasi Kesulitas Siswa Memahami Konsep Matematika Pokok Bahasan Bentuk Pangkat, Akar dan Logaristma di Kelas X ….

19. Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Bangun Ruang Siswa Kelas X SMAN …dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif

20. Penerapan Metode Pembelajaran Konsultatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Biologi Kelas II SMAN ….

21. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika pada Materi Aritmetika Sosial Menggunakan Pendekatan Kontekstual Learning di ….

22. Penerapan Strategi Belajar dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Keaktipan Belajar Siswa Prestasi Hasil Belajar pada Siswa Kelas III di SMA ….

23. Meminimalkan Kesalahan Siswa Kelas III-IPA…dalam Menyelesaikan Persamaan Trigonometri Melalui Strategi Konflik Kognitif dan Problem Solving dalam Pembelajaran Kooperatif

24. Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) untuk Mengatasi Permasalahan dalam Pembelajaran Kimia Akibat Heterogenitas Kemampuan Siswa di Kelas X SMA ….
25. Memanfaatkan Metode Debat Secara Formal untuk Mengoptimalkan Pemahaman Bioetika pada Pembelajaran Materi Kesehatan Reproduksi Siswa Kelas XI ….

26. Efektivitas Pembelajaran Kimia Kelas X Semester I SMA… melalui Penerapan Metode Eksperimen Berwawasan Lingkungan.

27. Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan Wacana Berbahasa Inggris Siswa Kelas XI dengan Text-Based Listening di SMAN ….

28. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Portofolio untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Semester 1 SMA ….

29. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi melalui Pembelajaran Kooperatif (Tipe Pendekatan Struktural Think-Pair-Share) Siswa SMA ….

30. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Biologi melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Penyelidikan Kelompok pada Siswa Kelas X SMAN….

31. Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Mengintegrasikan Nilai-Nilai Imtaq dalam Pembelajaran Biologi di SMAN ….

32. Upaya Mengembangkan Kemampuan Siswa Meneliti Sejarah Lokal melalui Model Inkuiri pada Siswa Kelas X SMA ….

33. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Peningkatan Motivasi dan Partisipasi Siswa serta Kualitas Hasil Belajar di SMA….

34. Implementasi Portofolio Berbasis Asesmen Autentik untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan hasil Pembelajaran Matematika di SMA ….

35. Penerapan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah yang Diintervensi dengan Peta Konsep untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia di SMA ….

36. Peningkatan Mutu Proses dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas II SMA ….

37. Model Pembelajaran Seni Rupa di SMA…dengan Penggunaan Desain Media Reproduksi Grafika untuk Mengembangkan Kreativitas Anak

38. Penggunaan Model Pembelajaran Siklus Belajar dan Belajar Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA ….

39. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe STAD untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XII SMA N….

40. Pengefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen melalui Pemanfaatan Pertanyaan “Bagaimana Jika …” pada Siswa Kelas X….

41. Optimalisasi Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Aktivitas Bertanya dan Kemampuan Menjelaskan Konsep dan Prinsip Fisika di Kelas 1 SMA ….

42. Upaya Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan melalui Optimalisasi Jeda Strategis dengan Karikatur Humor pada Mata Pelajaran Matematika di SMA….

43. Usaha Peningkatan Efektifitas Belajar Mengajar melalui Pendekatan Penyajian Garis Gerak Perubahan pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA….

44. Pemaksimalan Kompetensi Siswa Kelas X SMA … dengan Pendekatan Penerapan Penelitian dalam Pembelajaran Kimia

45. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Konsep Keanekaragaman Hayati melalui Penerapan Model Investigasi Kelompok di SMA ….

46. Upaya Menumbuhkan Semangat Siswa Mencapai Standar Kompetensi dengan Model Pembelajaran Heroik dan Turnamen Matematika SMA….

47. Meningkatkan Kemampuan Aspek Psikomotor melalui Pembelajaran Berbasis Laboratorium pada Materi Termokimia di SMA ….

48. Penerapan Pola Pembelajaran Edutainment untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas XI IPS SMA ….

49. Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Peningkatan Keterampilan Scientifik dalam Mata Pelajaran Fisika di ….

50. Penerapan Pembelajaran Perspektif Pemodelan Matematika Bermediasi RME untuk Penalaran dan Penguasaan Konsep Statistika bagi Siswa Kelas….

51. Peningkatan Kualitas Pembelajaran untuk Melatih Keterampilan Berpikir dalam Proses Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah di SMA N….

52. Model Reader Respons untuk Meningkatkan Minat dan Keberanian Siswa Mengemukakan Tanggapan dalam Pembelajaran Sastra Sunda di SMA ….

53. Pelaksanaan Pembelajaran Kimia yang Berorientasi pada Struktur dalam rangka Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMA ….

54. Peningkatan Partisipasi Siswa dengan Model Inkuiri Berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Pembelajaran Kewarganegaraan Kelas XI SMA ….

55. Penggunaan Software SIG Khusus dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif untuk Mempermudah Penguasaan Kompetensi SIG pada Pembelajaran Geografi di SMAN ….

56. Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Keterampilan Bahasa Indonesia di SMA Srijaya Negara melalui Penerapan Cooperative Learning dan Authentic Assessment

57. Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Metode Improve untuk Meningkatkan Pemahaman Matematik dan Aktifitas Belajar Siswa Kelas 2 SMA…

58. Pemanfaatan Simulasi Komputer sebagai Media Pembelajaran untuk Mengatasi Miskonsepsi Fisika Konsep Mekanika Siswa Kelas XI SMA N….

59. Pendekatan Salingtemas dikombinasikan Pemakaian Multimedia dalam Pembelajaran Kimia kelas X untuk Meningkatkan Kompetensi Kerja Ilmiah Siswa SMA N….

60. Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Model Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah … di ….

61. Implementasi Perangkat Model Geometri Molekul dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Teori Domain Elektro dan Gaya Antarmolekul di Kelas XI SMA….

62. Meningkatkan Kualitas Hasil dan Proses Pembelajaran Siswa tentang Kinematika Melalui Pembelajaran Multimodel Berbasis CTL pada Siswa Kelas X SMAN ….

63. Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas 1 SMA Negeri … dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pemberiaan Feedback dan Reinforcement

64. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Konsep Peluang melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas XI SMA….

65. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kimia di… Model Kota Palu Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Mengoptimalkan Kegiatan Pembelajaran di Laboratorium

D. Contoh Judul PTK SMK

1. Meningkatkan hasil belajar siswa terhadap konsep getaran mekanik mata pelajaran Menjelaskan dasar kekuatan bahan dan komponen mesin melalui pendekatan kooperatif model tgt menggunakan figjig pada kelas XII SM….

2. Upaya peningkatan kemampuan dalam penguasaan pembubutan dasar melalui metode drill siswa kelas XII SMK …..

3.Melalui penerapan model pembelajaran partisipatif guna meningkatan prestasi belajar PDTM siswa pada kelas XII SMK …..

4. Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran kimia teknik dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle pada kelas XII SMK ....

5. Penerapan pembelajaran kooperatif dengan model group investigation (gi) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas XII SMK ....

6. penerapan model pembelajaran partisipatif siswa untuk meningkatan prestasi PDTM melalui pada kelas XII SMK ....

7. Penerapan model pembelajaran kooperatif group investigation dengan pendekatan salingtemas (sains-lingkungan-teknologi-masyarakat) dalam meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan hasil belajar kognitif elemen mesin siswa pada kelas XII SMK ....

8. Peningkatan pemahaman komponen/elemen mesin melalui phisical model analisis siswa kelas XII SMK ....

9. Penugasan kelompok untuk meningkatkan pemahaman komponen/elemen mesin siswa kelas XII SMK ....

10. Peningkatan pemahaman  mendeskripsikan prinsip dasar mekanika Melalui contoh analisa lapangan siswa kelas XII SMK ....

11. Peningkatan pemahaman menggunakan peralatan pembandingan dan/atau alat ukur dasar melalui media animasi flash siswa kelas XII SMK ....

12. Peningkatan hasil praktek menggunakan macam-macam perkakas tangan melalui penilaian setiap proses siswa kelas XII SMK ....

13. Upaya peningkatan membaca gambar teknik melalui pemanfaatan software autocad sebagai media pembelajaran siswa kelas XII SMK ....
14. Upaya peningkatan pemahaman proyeksi melalui pemanfaatan software autocad sebagai media pembelajaran siswa kelas XII SMK ....
15. Upaya peningkatan hasil praktek mengoperasikan mesin bubut melalui penilaian setiap proses siswa kelas XII SMK ....
16. Upaya peningkatan hasil praktek mengoperasikan mesin frais melalui penilaian setiap proses siswa kelas XII SMK ....
17. Peningkatan hasil praktek mengoperasikan gerinda melalui penggunaan jobsheet siswa kelas XII SMK ....
18. Melalui simulator guna meningkatkan hasil praktek mengoperasikan mesin cnc/nc siswa kelas XII SMK ....

19. Melalui pemanfaatan mechanic model untuk meningkatkan kemampuan Merawat mesin-mesin mekanik siswa kelas XII SMK ....

E. Contoh Judul Ptk Mata Khusus Pelajaran Seni Budaya

1. Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Bermain Alat Musik Pianika Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas VII Di SMP….

2. Pemanfaatan Gypsum Sebagai Media Alternatif Dalam Pembelajaran Ukir Motif Geometris Siswa Kelas VII SMP…..

3. Meningkatan Hasil Belajar Bermain Musik Ansambel Melalui Metode Tutor Sebaya Kelas  VII SMP ......

4. Upaya Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Paduan Suara Melalui Pelatihan Solfegio Pada Siswa Kelas ….

5. Pemanfaatan Film Animasi Dalam Pembelajaran Menggambar Ilustrasi Di Kelas VIII SMP…..

6. Penggunaan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Apresiasi Musik Nusantara Pada Siswa Kelas VIII SMP……

7. Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Ansambel Musik Melalui Media MIDI Pada Siswa Kelas VIII….

8. Upaya Meningkatkan Minat Dan Keterampilan Bermain Gitar Dengan Menggunakan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas XI  Di SMA Negeri ……

9. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Satun babak Melalui Media Gambar Berseri Dengan Menggunakan Teknik Pengandaian Diri Pada Siswa Kelas VIII SMP..

10. Studi Eksploratif: Pemanfaatan Pewarna Tekstil Dalam Melukis Ekspresif Pada Kaos T-Shirt Di Kelas IX SMA…

11. Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Permainan Cipta Gerak Dalam Pembelajaran Seni   Budaya Di SMA N ………

12. Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Bermain Alat Musik Pianika Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas X Di SMA….

13. Upaya Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Paduan Suara Melalui Pelatihan Solfegio Pada Siswa Kelas XI SMA  Negeri ….

14. Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Musik Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Marching Band Di SMAN….

15. Peningkatan Kompetensi Bermain Gitar Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas VIII SMAN….

16. Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran Seni Musik Di SMAN….

17. Upaya Meningkatkan Minat Dan Keterampilan Bermain Gitar Dengan Menggunakan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas XI SMAN …..

18. Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Menyanyikan Lagu Daerah Nusantara Dalam Pembelajaran Seni Budaya Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas XII SMAN….

19. Upaya Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Melalui Pembuatan Lagu Pada Siswa Kelas VII SMA….

20. Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Elemen Gerak Tari Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa Kelas X SMAN…..

21. Upaya Guru Dalam Proses Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Seni Tari Siswa Kelas X ….

22. Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Vokal Pada Siswa Kelas XI Di SMAN….

23. Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Bermain Alat Musik Pianika Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas XII Di SMAN….





0 komentar:

Post a Comment