Home » » Contoh RPP Daring, Luring Dan Kombinasi

Contoh RPP Daring, Luring Dan Kombinasi

Tahun ajaran baru telah dimulai terhitung 13 Juli 2020 yang diawali dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) terhadap peserta didik baru. Namun pelaksanaan kegiatan baik kegiatan MPLS, pembelajaran dan ekstrakurikuler tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya karena saat ini masih  pandemi covid-19 masa new normal. 

Oleh karena itu kepala sekekolah , guru dan pegawai perlu mencari cara-cara baru terhadap pelayanan pendidikan sehingga hak peserta didik untuk mendapatkan pendidikan dan pembelajaran dapat terselenggara dengan baik. 

Beberapa pola yang dapat digunakan dalam pelaksanaan kegitan MPLS maupun  pembelajaran disekolah seperti pola Daring (dalam jaringan internet), Luring (luar jaringan), kombinasi antara daring dan luring, tatap muka (tergantung kebijakan pemerintah dan kondisi daerah) dan blended ( perpaduan antara tatap muka dengan daring). 

Sekolah dapat memilih pola pembelajaran  dengan pertimbangan fasilitas yang dimiliki perserta didik, sumber daya guru, dan jaringan internet. Langkah  yang  perlu di lakukan sekolah adalah identifikasi terhadap  pola pembelajaran yang mungkin  digunakan efektif dengan mengutamakan faktor kesehatan dan keselamatan peserta didik. 

Setelah ditetapkan pola pembelajaran yang digunakan maka guru perlu menyusun perencanaan pembelajaran yang adaptif. Perencanaan pembelajaran yang adaptif adalah rencana pembelajaran yang menyesuaikan dengan kondisi nyata sekolah, guru  terutama peserta didik dan tetap mengacu pada kompetensi yang dituntut kurikulum. 

 Untuk menyusun rencana pembelajaran yang adaptif di bawah ini diberikan contoh RPP  dan alamat-alamat yang dapat diakses guru untuk memilih alternatif RPP untuk di adaptasi berupa rencana pembelajaran daring, luring dan RPP kombinasi. 

Contoh RPP Daring : 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMAN…
Mata Pelajaran : Matematika Peminatan
Kelas/Semester : XI
Materi Pokok : Suku Banyak

KD: 3.4 Menganalisis keterbagian dan faktorisasi polinom

A. Tujuan Pembelajaran

Melalui pembelajaran pola google clasroom dan penyajian contoh,   peserta didik dapat menentukan hasil bagi dan sisa suatu suku banyak  yang dibagi dengan (ax+b) dengan cara bersusun maupun  horner secara teliti dan tepat.

B. Langkah-langkah Pembelajaran 

Pendahuluan
Kegiatan Inti

Penutup :

1) Guru mengingatkan peserta didik melalui google classroom untuk berdoa lebih dahulu, melengkapi peralatan belajar dilanjutkan  membuka materi yang diberikan sebelumnya. 

Guru menjelaskan target/tujuan yang dicapai dalam pembelajaran hari ini

2) Guru memberikan link dan kode untuk mengerjakan kuis yang dikirim melalui google
clasroom sesuai dengan kelas yang akan melakukan kuis.
1) Peserta didik membuka link dan memasukkan kode yang dikirim. Selanjutnya diberikan waktu untuk mempelajari materi inti yang ada dalam  hand out yang telah dikirimkan 

2) Guru menunggu agar peserta didik masuk kuis/penilaian harian.

3) Guru membuka sesi tanya jawab untuk mengatasi jika ada peserta didik yang
mengalami kesulitan untuk mengakses link.

4) Peserta didik mengerjakan kuis/penilaian harian yang berbentuk pilihan ganda.
1) Guru memberikan kesimpulan/rangkuman pembelajaran tentang suku banyak, memberikan refleksi untuk mengetahui sejauh mana makna dan kemampuan peserta didik. 

2) Guru menginformasikan nilai yang didapat peserta didik memalui google classroom

C. Penilaian : Tes Online (bentuk pilihan ganda dibuat pada lembar tersendir 


1. Untuk contoh-contoh RPP Luring, Daring  dan Kombinasi UNDUH DISINI

0 komentar:

Post a Comment