Home » » Membangun Karakter Sukses Peserta didik

Membangun Karakter Sukses Peserta didik

Semakin disadari bahwa sukses tidaknya  seseorang tidak semata  ditentukan intelektual yang tinggi, belajar di sekolah atau perguruan tinggi terkemuka, nilai yang akademik yang tinggi. Namun,  hal yang paling menentukan kesuksesan atau  keberhasilan seseorang dalam hidupnya adalah   karakter yang dimiliki orang tersebut, karakter baik yang sudah membudaya dan menyatu dengan pribadinya.

Berdasarkan hasil penelitian dari 1700 pemimpin perusahaan top di dunia mengemukakan beberapa karakter yang dikembangkan di perusahaan sehingga perusahaan tersebut  mengalami kesuksesan yang gemilang adalah :

1. Kejujuran

2. Bisa di percaya

3. Disiplin dan tepat waktu 

4. Bisa menyesuaikan diri

5. Bisa bekerja sama dengan atasan 

6. Bisa menerima dan dan menjalankan kewajiban

7. Mempunyai motivasi kuat untuk sukses

8. Berfikir bahwa dirinya berharga 

9. Bisa berkomunikasi dan mendengarkan secara positif

10. Bisa bekerja mandiri dengan supervisi minimal

11. Mampu mengatasi masalah pribadi dan profesi

12. Mempunyai kemampuan dasar (kecerdasan)

13. Bisa membaca dengan pemahaman yang memadai

14. Mengerti dasar-dasar matematika (berhitung)
(Abd. Kadim Masaong, 2012)

Sedangkan beberapa negara Eropa dan Amerika Serikat berkaitan dengan karakter mengemukakan 23 karakter yang harus dimiliki seseorang agar mereka sukses dalam hidupnya yaitu:

1. Inisiatif

2. Integritas

3. Berfikir kritis

4. Kemauan belajar

5. Komitmen

6. Motivasi

7. Bersemangat

8. Dapat diandalkan

9. Komunikasi lisan

10. Kreatif

11. Kemampuan analitis

12. Dapat mengatasi stress

13. Manajemen diri

14. Dapat menyelesaikan persoalan

15. Dapat meringkas

16. Kooperatif

17. Fleksibel

18. Kerja dalam tim

19. Mandiri

20. Mendengarkan

21. Tangguh

22. Berargumentasi logis

23. Manajemen waktu 

 Baca Juga : Penguatan pendidikan Karakter Berbasis Kelas

Karakter seperti diuraikan di atas yang dapat membawa peserta didik untuk meraih kesuksesannya. Menjadi tanggungjawab guru, sekolah dan masyarakat membangun karakter sukses tersebut agar pesertadidik sukses kelak.
 
Selain itu Thomas J. Stanley, Ph.D, penulis buku Millionaire Mind. Dalam  riset yang dilakukannya  tentang 100 faktor yang menentukan kesuksesan seseorang, responden yang dilibatkan  berjumlah 1001 responden, dengan  733 responden adalah miliuner. Penelitian ini dilaksanakan di Amerika Serikat.

Hasil Penelitian tersebut menyatakan bahwa responden  memiliki IQ yang tinggi/superior, bersekolah  di sekolah favorit atau perguruan tinggi bergengsi bukan termasuk dalam 10 faktor utama dalam menentukan kesuksesan seseorang.  Akan tetapi faktor utama adalah soft skill diantaranya:

1. Kejujuran (Being honest with all people)

Kejujuran menjadi sikap dan norma yang harus dimiliki seseorang agar dapat sukses, karena kejujuran adalah akar kepercayaan.

2. Disiplin yang baik  (Being well-disciplined)

Disiplin berkaitan dengan kemampuan  manajemen waktu, tahan godaan dan fokus dalam tujuan, dengan demikian target yang ditetapkan dapat dicapai.

3. Mudah bergaul (Getting along with people)

Mudah bergaul berarti kemampuan menjalin hubungan ,  berinteraksi dengan orang lain akan membuat seseorang mampu meraih kesuksesan. Karena orang-orang disekitarnya dapat dilibatkan untuk menolongnya.

4. Dukungan pendamping (Having a supportive spouse)

Dukungan yang berasal dari orang terdekat. Selain keluarga, pasangan adalah orang terpenting yang mampu memberikan dukungan besar bagi kesuksesan Anda.

5.  Kerja keras (Working harder than most people)

Bekerja keras memang bukan menjadi jaminan mendatangkan kesuksesan. Tetapi akan ada hasil yang membedakan pribadi pekerja keras dan yang tidak, termasuk bagaimana kita mensyukuri segala pencapaian atas usaha dan kerja keras. Bekerja lebih keras dari orang lain berkait erat dengan keinginan dan kedisiplinan untuk mencapai target yang telah ditetapkan dalam diri Anda.

6. Kecintaan pada yang dikerjakan (Loving my career/business)

Kecintaan pada apa yang dikerjakan akan menghindarkan kejenuhan/bosan, bahkan tidak mengenal lelah  sehingga dapat menghasilkan kinerja yang baik.

7. Kepemimpinan (Having strong leadership qualities)

Seseorang yang memiliki kualitas kepemimpinan termasuk memimpin dirinya sendiri  akan lebih mudah menentukan visi, misi dan tujuan, dengan fokus. Kualitas kepemimpinan yang baik dalam diri seseorang, mampu memandunya untuk menghasilkan sebuah pemikiran dan periaku yang akan menjadi habit dalam kesehariannya.

8. Kepribadian kompetitif (Having a very competitive spirit/personality)

Kepribadian kompetitif terlihat dari sikap  pantang menyerah, memiliki daya saing, punya semangat juang tidak mudah putus asa tapi senantiasa berjuang untuk mencapai target yang ditentukan.

9. Hidup teratur (Being very well-organized).

Hidup teratur berkaitan juga dengan disiplin diri, menjaga kesehatan keseimbangan makanan bergizi, menghindari stress dan lain-lain.

10. Kemampuan menjual ide (Having an ability to sell my ideas/products).

Memiliki ide saja tak cukup tanpa diimbangi kemampuan untuk menjualnya.Menjual ide berarti mampu mensosialisasikan, mengkomunikasikan , berbagi dan menyakinkan orang lain tentang gagasanya yang baik.  Menghasilkan inovasi dari sebuah ide yang cemerlang harus diikuti dengan kemauan untuk hidup di dalam ide itu sendiri, dan menjualnya.

Dari hasil-hasil penelitian di atas maka semakin jelas bagi kita bahwa faktor utama dalam kesuksesan seseorang bukanlah kecerdasan  intelektual seseorang, akan tetapi karakter sukses yang dimiliki. Karakter baik yang telah terpatri dalam diri seseorang (peserta didik) akan menuntun dia kearah kesuksesan.

Baca Juga : Belajar Karakter dari Profesor Randy Pausch 

Konsekuensi hasil-hasil di atas adalah sekolah memiliki tugas penting dalam menanam, memupuk, mengembangkan karakter baik atau karakter sukses  peserta didik melalui pengkondisian, keteladanan, contoh , pembiasaaan dan pengintegrasian  kedalam  semua kegiatan di sekolah.

Bahan Bacaan :

Masaong, Abd.Karim .(2012). Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru . Bandung:Alfabeta .

https://www.akademitrainer.com/10-faktor-kesuksesan-by-thomas-j-stanley-ph-d/diakses 30 Juni 2020

0 komentar:

Post a Comment