Home » » Contoh RPP Daring, Luring dan Kombinasi di SD/MI

Contoh RPP Daring, Luring dan Kombinasi di SD/MI

Salah satu tugas guru yang sangat penting dalam masa pandemi covid-19 (tahap new normal) adalah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adaptif. RPP adaptif adalah perubahan/ penyesuaian dari RPP formal yang sebelumnya telah disusun guru kepada rencana yang disesuaikan dengan kondisi ke kinian (masa pandemi covid-19) yang dikelompokkan menjadi RPP dalam bentuk Daring(dalam jaringan), Luring (luar jaringan), kombinasi/blended (antara daring, luring, tatap muka langsung).

Langkah yang harus diperhatikan untuk menyusun RPP adaptif tersebut adalah

1.Guru Melakukan Analisis KD

Analisis KD yang dimaksud adalah proses menentukan apakah KD tersebut cocok dilakukan dengan daring, luring atau kombinasi. Yang dianalisis ada dua pertama  proses kognitifnya (garadasi C1, C2, C3, C4, C5 dan C6). Kompetensi C1 dan C2 boleh diberikan luring, sedangkan C3, C4, C5 dan C6 lebih tepat digunakan daring (tatap muka maya) atau tatap muka langsung.

Jadi boleh saja dalam satu KD, sebagian diberikan daring dan sebagian luring. Sedangkan KD keterampilan perhatikan apakah keterampilan abstrak atau konkret. Keterampilan konkret lebih tepat dilakukan tatap muka sedangkan keterampilan abstrak dapat terintegrasi dalam pembelajaran pengetauan.

Kedua, lakukan identifikasi terhadap materi apakah materi tergolong faktual, konseptual , prosedural atau materi meta kognitif. Materi bersifat faktual dan konseptual boleh dilakukan cara luring yang dibantu dengan hand out atau lembar kegiatan lain.

Sedangkan materi yang tingkatannya prosedural lebih tepat disajikan dengan daring atau tatap muka langsung(sepanjang dibolehkan)

Baca juga : Cara Membuat RPP Adaptif pada Masa New Normal 

2. Identifikasi Sarana yang Mungkin Digunakan

Identifikasi sarana yang dimaksud adalah guru harus memetakan kepemilikan sarana belajar yang ada di sekolah terutama yang dimiliki peserta didik misalnya berapa orang anak yang sudah punya smarphon, komputer, laptop, dawai dan lain-lain. Kemudian siyal internet sampai atau tidak, apakah pengunaan alat tersebut peserta didik   sudah bisa atau belum semuanya harus di data.

3. RPP yang Disusun untuk Tiap Satu Pertemuan 

RPP yang disusun tidak boleh diborong tapi setiap pertemuan, dan setelah digunakan lakukan evaluasi. Sehingga hari ini RPP yang disusun adalah daring, besok mungkin luring sangat tergantung dengan kebutuhan.

4. Ambil RPP yang Lama Sesuaikan Dengan Kondisi 

Untuk membantu penyusunannya boleh digunakan RPP yang sebelumnya sudah disusun kemudian disesuaikan dengan hasil-hasil analisis/ketentuan  di atas, untuk kebutuhan satu kali pertemuan dilengkapi dengan hand out, atau lembar kegiatan lain jika dibutuhkan.

Contoh RPP Daring untuk SD Kelas 3 SD Tema 1 dalam satu kali pertemuan 

A. Identitas  : Tulis Identitas Ringkas

B. Tujuan Pembelajaran

Setelah mendengarkan lagu yang di share melalui grup WA peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dengan benar

Setelah mengamati gambar yang di share melalui grup WA siswa dapat meragakan pola irama sederhana dengan percaya diri

Setelah mengamati gambar yang di share melalui grup WA peserta didik dapat menjelaskan minimal 4 ciri-ciri mahluk hidup dengan benar

C. Langhkah-langkah Kegiatan 

Pendahuluan 
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa dipandu melalui zoom.
  • Mengkondisikan peserta didik beserta peralatan yang digunakan aplikasi zoom dan smartphon berfungsi
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran, dan mengaitkan dengan materi sebelumnya.
Kegiatan Inti
  • Peserta didik diperdengarkan lagu cicak di dinding melalui audio yang dikirim lewat grup WA
  • Peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada teks lagu
  • Melalui Zoom peserta didik mengamati guru menyanyikan lagu cicak di Dinding 
  • Peserta didik mengamati tanda yang ada pada syair lagu tersebut
  • Peserta didik diminta mengamati baris lagu yang memiliki pola sama dan pola yang berbeda (Critical thinking and problem formulation)
  • Peserta didik berlatih menuliskan pola menggunakan simbol bunyi panjang dan bunyi pendek
  • Peserta didik menyampaikan tanggabannya jika semua bunyi pada lagu sama
Penutup
  • Guru bersama peserta didik menyimpulkan pembelajaran 
  • Guru melaksanakan refleksi dan formatif assesmen
D. Assesmen
  • Penilaian Sikap dilakukan observasi saat pembelajaran daring
  • Penilaian pengetahuan dan keterampilan dilaksanakan melalui dari google form 
Contoh-contoh lain yang variatif dapat diunduh di alamat di bawah ini, namun tetap harus dilakukan adaptasi sesuai dengan kondisi peserta didik di sekolah masing-masing.


Contoh RPP Daring Unduh Disini


Demikian contoh RPP daring, luring dan RPP kombinasi untuk jenjang SD/MI kiranya dapat membantu untuk memperkaya pengetahuan dalam penyusunan perangkat pembelajaran.

Baca juga : RPP Daring, Luring dan Kombimnasi di SMP

0 komentar:

Post a Comment