Home » » 10 Jenis Layanan BK Di Sekolah

10 Jenis Layanan BK Di Sekolah

Keberadaan guru Bimbingan dan Konseling (BK) di sekolah sangatlah urgen, karena mereka menjadi ujung tombak yang  langsung  terlibat dalam membantu dan melayani peserta didik untuk mengatasi berbagai permasalahan baik secara individu maupun kelompok.

Permasalahan/kesulitan peserta didik yang dimaksud  berkaitan dengan permasalahan dalam   pembelajaran, sosialisasi, pergaulan, tata krama, karakter, kepribadian, perkembangan remaja,  informasi dan lain-lain.

Baca Juga: Cara Menghitung Beban Kerja Guru BK 

Berkaitan dengan hal tersebut maka guru bimbingan dan konseling sedikitnya harus melakukan 10 jenis layanan dalam satu tahun yang dijabarkan lagi kedalam beberapa topik yang berkaitan dengan permasalahan saat ini kemudia di tuangkan ke dalam Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL). Adapun 10 layanan yang harus dilaksanakan guru BK adalah sebagai berikut:


1.Layanan Orientasi

Layanan orientasi merupakan layanan yang memungkinkan peserta didik memahami lingkungan baru, terutama lingkungan sekolah, budaya sekolah, ruang lingkup  yang dipelajari untuk mempermudah dan memperlancar perannya sebagai peserta didik dilingkungan yang baru.

Tujuan layanan orientasi adalah agar peserta didik dapat beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru secara tepat dan memadai, berfungsi untuk pencegahan dan pemahaman.

2. Layanan Informasi

Layanan informasi adalah layanan yang memungkinkan peserta didik menerima dan memamahami berbagai imnformasi seperti : informasi diri, sosial, belajar, pergaulan , karier, pendidikan lanjutan.

Tujuan layanan informasi adalah membantu peserta didik agar dapat mengambil keputusan secara tepat tentang sesuatu, dalam bidang pribadi, sosial, belajarmaupun karier berdasarkan informasi yang diperolehnya yang memadai. Layanan informasi ini juga berfungsi untuk pencegahan dan pemahaman.

3. Layanan Pembelajaran

Layanan pembelajaran merupakan layanan yang memungkinkan peserta didik mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik dalam mengusai materi belajar atau penguasaan kompetensi yang cocok dengan kecepatan dan kemempuan dirinya serta berbagai aspek tujuan dan kegiatan belajar lainnya.

Tujuan layanan pembelajaran  adalah  agar peserta didik dapat mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik produktif. Layanan ini berfungsi untuk pengembangan.

4. Layanan Penempatan dan Penyaluran

Layanan penempatan dan penyaluran merupakn layanan yang memungkinkan peserta didik memperoleh penempatan dan penyaluran di dalam kelas, kelompok belajar, jurusan/program studi, programn latihan, magang, kegiatan kokurikuler/ekstrakurikuler sesuai dengan potensi , bakat, minat serta kondisi pribadinya. Tujuan layanan ini agar peserta didik dapat mengembangkan segenap bakat, minat, dan segenap potensi lainnya. Layanan penempatan dan penyaluran berfungsi untuk pengembangan.

5. Layanan Penguasaan Konten

Layanan penguasaan konten merupakan layanan yang membantu peserta didik menguasai konten tertentu, terutama kompetensi dan kebiasaan yang berguna dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat.

6. Layanan Konseling Perorangan

Layananan konseling perorangan merupakan layanan yang memungkinkan peserta didik mendapatkan layanan langsung tatap muka secara perorangan dengan guru BK untuk membahas dan mengentaskan permasalahan yang dihadapinya dan perkembangan dirinya.

Tujuan layanan perorangan ini adalah agar peserta didik dapatr dapat mengentaskan masalah yang dihadapinya . Layanan ini berfungsi untuk pengentasan dan advokasi.

7. Layanan Bimbingan Kelompok

Layanan bimbingan kelompok merupakan layanan yang memungkinkan sejumlah peserta didik secara bersama-sama melalui dinamika kelompok memperoleh bahan dan membahas pokok bahasan tertentu yang menunjang pemahaman dan pengembangan kemampuan sosial, baik secara individu maupun sebagai pelajar , kegiatan belajar , karir/jabatan, serta untuk pengambilan keputusan atau tindakan tertentu melalui dinamika kelompok. Layanan ini berfungsi untuk pemehaman dan pengembangan.

8. Layanan Konseling Kelompok

Layanan konseling kelompok merupakan layanan yang memungkinkan peserta didik  (masing-masing anggota kelompok) memperoleh kesempatan untuk pembahasan dan pengentasan permasalahan pribadi melalui dinamika kelompok.

Masalah yang dibahas itu adalah masalah-masalah pribadi yang dialami oleh masing-masing anggota kelompok. Layanan konseling kelompok berfungsi untuk pengentasan advokasi.

9. Layanan Konsultasi

Layanan konsultasi merupakan layanan yang membantu peserta didik dan atau pihak lain dalam memperoleh wawasan, pemahaman, dan cara-cara yang perlu dilaksanakan dalam menangani kondisi dan masalah peserta didik.

Pengertian konsultasi yang dimaksud adalah sebagai proses penyediaan bantuan teknis untuk konselor, orang tua, administrator dan konselor lainnya dalam mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang membatasi aktivitas peserta didik atau sekolah konseling  atau fisioterapi sebab konsultasi tidak merupakan layanan yang lansung ditujukan kepada klien, tetapi secara tidak langsung melayani klien melalui bantuan yang diberikan orang lain.

10. Layanan Mediasi

Layanan mediasi merupakan layanan yang membantu peserta didik menyelesaikan permasalahan ataupun perselisihan dan memperbaiki hubungan antar peserta didik dengan konselor sebagai mediator.

Layanan-layanan di atas dapat dijabarkan ke bentuk-bentuk layanan yang lebih konstektual kemudian disusun Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) seperti :

-RPL : Menyontek penyebab dan solusinya
-RPL : Pilihan karir setelah lulus SMSA
-RPL : Kepribadian manusia
-RPL : Membimbing persahabatan sejati
-RPL : Profesi pekerjaan dalam meningkatkan taraf hidup
-RPL : Kenakalan remaja dan cara menghindarinya
-RPL : Komunikasi efektif
-RPL : Kesehatan reproduksi remaja
-RPL : Bahaya narkoba dan dampaknya
-RPL : Kiat sukses studi lanjut ke perguruan tinggi
-RPL : Etika pergaulan dengan teman sebaya
-RPL : Sikap sopan santun dalam kehidupan
-RPL : Perilaku sosial yang bertanggungjawab
-RPL: Kiat sukses masuk dalam dunia kerja
-RPL: Mental Disorder

Dan banyak lagi kondisi ke kinian yang perlu bantuan terhadap peserta didik dalam memenuhi pertumbuhan dan perkembangan yang membutuhkan layanan dari guru bimbingan konseling.

Contoh-contoh  RPL dengan judul di atas keseluruhan  dapat Unduh DISINI

2 komentar:

  1. Terima kasih, bisa upgrade memori kembali

    ReplyDelete
  2. AKAN LEBIH BAIK JIKA DIBUAT PER JENJANG PENDIDIKAN. RPL, MATERI & CONTOHNYA. SYUKUR DIPERMUDAH UNTUK DOWNLOADNYA

    ReplyDelete