Home » » Mendikbud: 7 Tips Mengajar Masa Pandemi Covid-19

Mendikbud: 7 Tips Mengajar Masa Pandemi Covid-19

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada hari Pendidikan Nasional,  2  Mei 2020 yang lalu memberikan 7 tips mengajar dimasa pandemi covid -19 yang dapat dipraktikkan guru-guru sehingga proses pembelajaran di rumah berhasil. 7 tips mengajar yang dikemukakan Mendikbud adalah sebagai berikut:

Tips-1 : Jangan stres

Tips yang pertama adalah guru tidak boleh stres, kalau sudah duluan stres tidak ada yang dapat dikerjakan. Ini adalah masa adaptasi atau penyesuaian, penuh kebingungan dan ketidak pastian serta merupakan hal baru dan situasi ini membawa guru keluar dari zona nyaman.

Oleh karena itu guru tidak perlu khawatir teguhkan hati dan teruslah mencari cara untuk membelajarkan peserta didik.

2.Tips -2 :  Mencoba Membagi Kelas Menjadi Kelompok Yang Lebih Kecil 

Perlu diketahui tidak semua peserta didik memiliki tingkat kemampuan/kompetensi yang sama pasti ada perbedaan. Ada yang unggul di satu bidang belum tentu unggul di bidang lain.

Untuk mengatasi hal tersebut guru perlu  membagi peserta didik yang memiliki kompetensi  yang sama sehingga lebih mudah melakukan pembimbingan.

3. Tips-3 : Terapkan Project Based Learning

Tips yang ke tiga adalalah guru menerapkan model pembelajaran project based learning (PjBL) atau berbasis proyek dimana guru mendesain tugas-tugas sedemikian rupa untuk dibagikan ke group-group yang sudah dibentuk.

Asas gotong royong diantara peserta didik terbangun dan hasil pekerjaanya sama-sama mereka pertangungjawabkan dan hasil yang diperoleh tiap individu terikat satu sama lain. Prinsip belajar kolaboratif jadi terbangun.

Tips-4 : Alokasikan Waktu yang Lebih Banyak Kepada Peserta Didik yang tertinggal

Tips  yang keempat guru dapat mengatur waktu, perlu dialokasikt an waktu yang lebih banyak kepada peserta didik yang agak lambat.

Bagi kelompok yang cepat terus diberikan semangat melaksanakan tugasnya namun bantuan terutama dari waktu pelaksanaan tugas bagi kelompok yang lamban.

Tips-5: Fokus Kepada yang Terpenting

Proses pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemic covid-19 bukan sekedar memperoleh pengetahuan akan tetapi ini masa menguatkan fundamental yang mendasari kemampuan peserta didik ke depan yaitu kemampuan literasi, numerasi dan pendidikan karakter.

Tips -6 : Sering “Nyontek” Antar Guru

Sering nyontek antar guru lain dimaksukkan bahwa setiap guru penting memupuk rasa berbagi pengalaman dan pengetahuan antara guru yang satu dengan guru yang lain.

Berbagi didasari ingin berubah ke cara yang paling baik, terbuka untuk meniru yang lebih baik dan juga rela untuk membagikan pengalaman terbaiknya (best practice) kepada guru lainnya. Jangan ragu minta pertolongan dari guru lain, kepala sekolah dan pengawas sekolah.

Sekarang ini konsep berbagi ini sudah dapat diperoleh guru yang difasilitasi Kemdikbud melalui laman berbagi.kemdikbud.go.id

Tips -7: Have Fun

Tips ke tujuh dari pak Menteri adalah have fun. Mengajar itu tidak mudah tapi mengajar tidak harus membosankan, nikmatilah dan senangilah tugas mengajar maka hasilnya akan datang yang lebih baik. Sesuatu yang dinikmati dan dirasakan bahwa tugas mengajar itu adalah sebuah panggilan maka  akan dapat menimbulkan gairah baru.

Baca Juga: Manajemen Sekolah Dimasa Covid-19

Dimasa masa krisis seperti ini guru harus mencari cara baru  atau tips-tips mengajar yang lebih efektif dan efisien, menjalin kerja sama yang lebih baik sesama guru, orang tua dan masyarakat sehingga proses belajar di rumah dapat memberikan hasil dan pengalaman yang sangat berharga bagi peserta didik. Semoga.

0 komentar:

Post a Comment