Home » » Cara Membuat Buku Pedoman Guru

Cara Membuat Buku Pedoman Guru

Cara Membuat Buku Pedoman Guru
A. Pengertian Buku Pedoman Guru

Buku Pedoman Guru adalah buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru atau dengan kata lain buku pedoman guru adalah buku sederhana yang disusun guru berisi rencana yang akan dilakukan  guru selama satu tahun.

Buku pedoman guru tersebut berisikan rencana kerja guru paling tidak meliputi upaya dalam meningkatkan/ memperbaiki kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi proses pembelajaran. 

Sebagai orang yang profesional guru memiliki empat kompetensi kepribadian, profesional, paedagogik dan sosial. Diharapkan selain yang menyangkut kegiatan perencanaan, pembelajaran dan evalusai buku pedoman guru juga memuat   empat kompetensi  kompetensi guru. 

Empat kompetensi tersebut harus diusahakan meningkat tiap tahun , maka perlu direncanakan secara bertahap yang dituangkan dalam  dokumen buku pedoman guru. 

Pada rancangan itu  disajikan rencana kegiatan PKB yang akan dilakukan.dalam satu tahun
Melalui rencana kerja tersebut, guru mempunyai pedoman untuk mengembangkan profesinya. 

 Buku pedoman guru tersebut  dapat dimanfaatkan  kepala sekolah/madrasah dan/atau pengawas sekolah untuk mengevaluasi kinerja guru bersangkutan.

BACA JUGA : DIKTAT PELAJARAN  DAN CARA MEMBUATNYA

B. Kerangka Isi Buku Pedoman Guru

Buku pedoman guru disajikan dalam bentuk makalah, diketik rapi  dan dibendel,lengkap  dengan lampirannya. Adapun kerangka isi  buku pedoman guru minimal sebagai berikut.

Bagian Awal: yang terdiri dari:

1.Halaman judul yang menerangkan identitas guru dan tahun kerja dari rencana kerja guru tersebut, 

2.Lembaran persetujuan dari kepala sekolah/ madrasah; 

3.Kata pengantar; 

Daftar isi.

Bagian Isi:  terdiri dari beberapa bab yakni:

Bab I. Pendahuluan
Pendahuluan berisi  penjelaskan tentang tujuan pembuatan Rencana Kerja Tahunan Guru  tersebut, penjelasan ringkas tentang  target-target capaian yang diharapkan dicapai pada tahun tersebut.

Bab II.Rincian rencana kerja
Rincian rencana kerja disajikan dalam satuan waktu bulanan untuk selama setahun. Rencana kerja tersebut berupa rencana guru yang bersangkutan dalam meningkatkan kompetensinya sebagai guru, yakni kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian dan profesional. 

Dalam hal ini dapat dipilih sesuai skala prioritas misalnya, tahun ini berkaitan dengan peningkatan kompetensi profesional, maka tulislah semua rencana/target untuk peningkatan kompetensi profesional dalam satu tahun.

Bab III.Penutup
Penutup ditulis dengan  penjelaskan ringkasan rencana kegiatan dan rencana target yang ingin dicapai selama satu tahun.

Bagian Penunjang: 
Bagian penunjang ini adalah berupa lampiran-lampiran yang disusun sedemikian rupa sesuai dengan rencana /target yang dibuat pada bagian. 

Dengan kata lain bagian penunjang memuat lampiran yang menunjang rencana kerja tahunan tersebut, misalnya RPP, skenario kegiatan, analisis ulangan harian, bahan ajar dan lain-lain.

C. Cara Membuat Buku pedoman Guru

1. Buatlah rincian tentang apa yang paling penting ditingkatkan tahun ini. 

Sebagai seorang guru yang paling penting ditingkatkan secara terus menerus adalah yang berkaitan dengan peserta didik yaitu proses belajar mengajar misalnya a) merencakana pembelajaran untuk  semua Kompetensi Dasar (KD)  dalam satu tahun, b) menerapkan model- model, pendekatan, metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif, c) penggunaan media, alat peraga  pembelajaran d) melakukan analisis ulangan harian, melakukan analisis butir soal dan lain-laian. 

Baca Juga: Contoh Kegiatan Diklat dan Kolektif Guru 

2. Buat rincian  tentang peningkatan kompetensi kita 

Nomor satu berkaitan dengan tupoksi sebagai guru , untuk nomor 2 berkaitan dengan kompetensi seorang guru misalnya kompetensi pedagogik, professional, kepribadian dan yang berkaitan dengan kompetensi sosial. Tentukanlah mana tahun ini yang paling prioritas untuk ditingkatkan, tidak harus sekaligus tetapi bertahap dan berkelanjutan. 

3. Buat rincian Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) guru dalam satu tahun

PKB terdiri dari tiga jenis 

  • Pengembangan diri, pengembangan diri terdiri dari dua jenis yaitu mengikuti diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru. Jika dalam tahun ini kita belum dapat kepastian mengikuti diklat fungsional, rencanakanlah yang berkaitan dengan kegiatan kolektif guru misalnya MGMP. 
  • Publikasi ilmiah, dapat ditargetkan misalnya membuat diktat/modul 1 buah atau jika mungkin penelitian tindakan kelas (PTK) satu buah, dan  
  • Parya inovatif berkaitan dengan menciptakan suatu  karya berupa alat atau media yang inovatif atau kreatif. 

4. Reincian nomor 1, 2 dan 3 kita tulis dengan sistematika buku pedoman guru seperti dijelaskan di atas dengan kelengkapan bukti fisik kemudian dijilid rapi dan disahkan oleh koordinator PKB atau kepala sekolah. 

Bukti fisik yang harus disertakan dalam pengajuan penetapan angka kredit adalah:
  • Berupa makalah rencana kerja satu tahun  (Pedoman Kerja Guru) yang secara jelas menunjukkan nama penulis dan tahun rencana kerja tersebut akan dilakukan dilengkapi dengan lampiran berupa bukti fisik yang telah dikerjaklan guru dalam satu tahun sesuai dengan rtarget yang direncanakan.
  • Makalah tersebut dilengkapi dengan pernyataan keaslian dari kepala sekolah/madrasah yang disertai tanda tangan kepala sekolah/madrasah dan cap sekolah/madrasah bersangkutan.
  • Angka kredit dari buku pedoman guru  tersebut adalah 1,5 per tahun.

Berikut ini alternatif rincian rencana kerja tahunan 

Setiap kegiatan yang dilakukan diadministrasikan baik bukti fisiknya sebagai lampiran yang diikutsertakan dalam buku pedoman guru (dijilid bersamaan) untuk diusulkan dinilai angka kreditnya.
  
 Rincian Rencana Kerja TP. 2019/2020
NO
Program
Target
Jadwal




I
Peningkatan Kompetensi Profesional dan Paedagogik






A.
Perencanaan Pembelajaran





1.
Menyusun Silabus





2
Membuat KKM





3
Menyusun RPP





4
... dst.





B.
 Pelaksanaan  Proses Pembelajaran





1
Penerapan model-model pembelajaran PAIKEM





2
Penerapan model pembelajaran saintifk





3
Penggunaan media ITC (powerpoint)





4
...dst





C.
Evaluasi/Penilaian pembelajaran  





1
Melakukan penilaian hasil belajar, UH, MID dan Semester





2
Melakukan analisis tes hasil belajar





3
… dst





II
Peningkatan Kompetensi Kepribadian dan Sosial





1
Peningkatan kerjasama/team work di sekolah





2
Peningkatan etos kerja/Komitmen kerja





3
.. dst





III
Pengembangan Diri dan PKB





A
Pengembangan diri





1
Mengikuti kegiatan di MGMP





2
… dst





B
PKB  bidang Penyusunan Publikasi Ilmiah 





1
Membuat diktat pelajaran 





2
Membuat PTK 






Klik Contoh Buku Pedoman Guru DISINI

Perlu diketahui tidak harus semua kompetensi masuk dalam program , skala prioritas dapat dilihat berdasarkan refleksi diri apa yang sangat prioritas diperbaiki tahun ini terutama yang berkaitan dengan mutu proses pembelajaran.


4 komentar:

  1. Mohon kiranya berkenan mengirim pedoman cara membuat buku pedoman guru ke ...dwiyantoatletik2@gmail.com....terimakasih.

    ReplyDelete
  2. artikel yang sangat bagus untuk pedoman, untuk referensi lain silahkan cek https://mm.feb.unair.ac.id/akademik/buku-pedoman-pendidikan.html

    ReplyDelete