Home » » Cara Melakukan Penilaian Proyek

Cara Melakukan Penilaian Proyek

Untuk menilai kompetensi keterampilan peserta didik , selain penilaian praktik, produk dan portofolio guru dapat melakukan dengan cara penilaian proyek, baik untuk penilaian harian, semester, kenaikan kelas maupun  ujian sekolah . Berikut ini penjelasannya :

A. Pengertian 

Penilaian proyek adalah kegiatan penilaian  yang dilakukan guru terhadap suatu tugas yang telah ditentukan dalam periode tertentu.   Tugas tersebut berupa suatu investigasi mulai dari perencanaan,  pengumpulan  data,    pengorganisasian,  pengolahan,  dan  penyajian data.

Penilaian proyek digunakan untuk mengetahui pemahaman, kemampuan mengaplikasikan,  inovasi  dan  kreativitas,  kemampuan  penyelidikan  dan kemampuan peserta didik menginformasikan matapelajaran tertentu secara jelas.

Penilaian proyek dapat dilakukan secara individual atau berkelompok dengan jumlah yang diatur oleh guru. Cakupan tugas yang diberikan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan yang dapat dikerjakan pada saat pembelajaran di sekolah dan diluar jam pembelajaran.

Penilaian proyek dapat dilakukan dalam satu atau lebih KD, satu mata pelajaran, beberapa mata pelajaran serumpun atau lintas mata pelajaran yang bukan serumpun.

Penilaian proyek umumnya menggunakan metode belajar pemecahan masalah sebagai langkah awal dalam pengumpulan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata

B. Langkah-langkah merencanakan penilaian proyek 

  1. Guru Menentukan satu KD atau lebih  yang berasal  dari KI-4 yang sesuai untuk dinilai melalui projek. Pemilihan KD ini ditentukan apabila KD menuntut aktivitas penugasan, atau materi tersebut dapat diselesaiakan melalui tugas yang diberikan guru. 
  2. Penilaian proyek yang akan dilakukan guru mencakup perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan projek
  3. Guru menyusun indikator proses dan hasil belajar yang akan dicapai peserta didik   sesuai kompetensi
  4. Guru menentukan kriteria yang menunjukkan capaian indikator pada setiap tahapan pengerjakan projek
  5. Merencanakan apakah tugas bersifat individu atau kelompok
  6. Merencanakan teknik-teknik dalam penilaian individual untuk tugas yang dikerjakan secara kelompok
  7. Menyusun tugas sesuai dengan rubrik penilaian

C. Pertimbangan Guru dalam Penilaian Proyek 

Pada penilaian proyek setidaknya ada empat hal yang perlu dipertimbangkan yaitu pengelolaan, relevansi, keaslian, inovasi, dan kreativitas.

  1. Pengelolaan yaitu kemampuan peserta didik dalam memilih topik, mencari informasi dan mengelola waktu pengumpulan data serta penulisan laporan.
  2. Relevansi yaitu kesesuaian topik, data, dan hasilnya dengan KD atau mata pelajaran.
  3. Keaslian yaitu proyek yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karya  sendiri  dengan  mempertimbangkan  kontribusi  guru  dan  pihak  lain berupa  bimbingan  dan  dukungan  terhadap  proyek  yang  dikerjakan  peserta didik.
  4. Inovasi  dan  kreativitas  yaitu  proyek  yang  dilakukan  peserta  didikterdapat unsur-unsur baru (kekinian) dan sesuatu yang unik, berbeda dari biasanya.

D. Contoh Lembar Penugasan

Identitas Mata pelajaran
Ditulis  identitas
KD
Ditulis KD
Indikator
Isikan indikator tugas
Rumusan tugas/Judul tugas
Buat perintah tugas
Syarat, linggup dan waktu pengumpulan
Tulis syarat yang diperlukan misalnya kelompok, batasan tugas, dan waktu pengumpulan

 E. Rubrik Penilaian Proyek
      Rubrik penilaian proyek harus direncanakan guru dengan kriteria, kualitas cakupan tugas mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan lengkap dengan skor nilai.  

No.
Aspek
Skor
1
2
3
4
1.
Perencanaan
1. Latar belakang
2. Rumusan maslah




2.
Pelaksanaan
1. Kelengkapan data
2. Pengolahan data
3. Kesimpulan




3.
Pelaporan Hasil
1. Sistematika
2. Penulisan
3. Penggunaan Bahasa
4. Tampilan laporan





Jumlah Skor

Keterangan :
Skor 4 = sangat baik
Skor 3 = baik
Skor 2 = cukup

E. Contoh Penilaian Proyek 

Penilaian Proyek di Kelas : IV

Bahasa Indonesia :
KD 4.4 Menyajikan petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.

Indikator proyek:
Siswa dapat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam laporan hasil pengamatan

IPA :  
KD 4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.

Indikator proyek:

Siswa dapat merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan secara tertulis hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi

Proyek : Membuat Laporan Hasil Pengamatan dan Penelusuran Informasi tentang 5 perubahan bentuk energi

Judul : Perubahan Bentuk Energi di Lingkungan Sekitar

Contoh Penilaian Proyek (SMA)

Mata Pelajaran         : Sosiologi
Kelas/Semester        : X / 1
Tahun pelajaran       : 2019/2020

Kompetensi Dasar   : 4.4   Melakukan   penelitian   sosial   yang   sederhana   untuk mengenali ragam gejala sosial dan hubungan sosial di masyarakat.

Indikator Soal          : Peserta   didik   mampu   melakukan   penelitian   mengenai permasalahan sosial yang terjadi pada masyarakat di lingkungan sekitarnya.

Rumusan tugas proyek:
   
  1. Lakukan penelitian mengenai permasalahan sosial yang berkembang pada masyarakat di lingkungan sekitar tempat tinggalmu, misalnya pengaruh keberadaan pasar modern (mall) bagi masyarakat sekitarnya (kamu bisa memilih masalah lain yang sedang berkembang di lingkunganmu).
  2. Tugas dikumpulkan  sebulan  setelah hari  ini. Tuliskan  rencana penelitianmu, lakukan, dan buatlah laporan. Laporan sekurang-kurangnya memuat latar belakang, perumusan masalah, kebenaran informasi/data, kelengkapan data, dan simpulan. Dalam membuat laporan perhatikan sistematika laporan, penggunaan bahasa, dan tampilan laporan.



0 komentar:

Post a Comment