Home » » Penting! 12 Persiapan Guru Di Awal Semester 2

Penting! 12 Persiapan Guru Di Awal Semester 2

Bagi tenaga pendidik (guru) bulan Januari 2020  merupakan awal  semester 2 tahun pelajaran 2019/2020 sekaligus awal tahun anggaran (akhir semester 1).Sebagai guru profesional  ada  beberapa hal yang perlu dipersiapkan, baik yang menyangkut kelengkapan dokumen di akhir semester  satu (semester berlalu) maupun  persiapan dalam semester dua

Kelengkapan dokumen (persiapan)  tersebut perlu dibuat secara lengkap sehingga pelaksanaan tugas pembelajaran  dapat terlaksana dengan lancar dan dokumen yang berkaitan dengan  karir/naik pangkat dapat ter-administrasikan dengan baik.

Di bawah ini diuraikan beberapa 5 dokumen akhir semester 1 dan  12 persiapan  awal semester 2 yang perlu dilengkapi guru berkaitan denga tugas sebagai guru.

A. Dokumen yang perlu  dilengkapi berkaitan dengan akhir  semester 1

1. Dokumen Penilaian Prestasi Kerja (PPK)
Penilaian Prestasi Kerja dilakukan oleh kepala sekolah berdasarkan capaian SKP tahun sebelumnya tugas guru adalah mempersiapkan bukti fisik yang dibutuhkan dalam penilaian tersebut. Dalam hal ini guru harus proaktif dalam mempersiapkannya

2. Laporan Pengembangan Diri (PD)
Laporan pengembangan diri disusun per tahun anggaran, dan terdiri dari dua laporan yaitu laporan keikutsertaan dalam diklat fungsional dan laporan kegiatan kolektif yang diikuti guru. Dari laporan pengembangan diri  dapat dihitung besaran angka kredit yang nantinya dituangkan ke dalam PAK tahunan.

3. Laporan Publikasi ilmiah
Laporan publikasi ilmiah  berkaitan dengan laporan tentang apa saja publikasi ilmiah yang disusun guru pada tahun sebelumnya, misalnya laporan penelitian atau PTK , Diktat, Modul, buku, best practice , buku pedoman guru  atau jenis lain yang disusun gur sesuai dengan SKP yang disusun tahun sebelumnya.

4. Laporan Karya inovatif 
Laporan karya inovatif sama halnya dengan laporan ilmiah, apabila guru membuat karya inovatif harus dibuat laporannya di akhir tahun yang nantinya dituangkan dalam PAK Tahunan.

5. Dokumen PK guru
Dokumen yang sangat penting diarsipkan guru adalah hasil penilaian kinerja guru, karena hasil PK guru ini berkaitan dengan Penilaian Prestasi Kerja (PPK) guru dan juga menjadi salah satu bukti fisik dalam pengajuan naik pangkat.

B. Persiapan guru dalam pelaksanaan tugas semester 2 

1. Menyusun SKP di awal tahun 
Penyusunan SKP adalah tanggungjawab masing-masing guru tentang rencana,  sasaran dan target yang dilakukan dalam satu tahun. Ada empat komponen yang direncanakan yaitu, pendidikan, pelaksanaan proses pembelajaran  dan evaluasi serta tindak lanjutnya, pengembangan keprofesian berkelanjutan, unsur penunjang dan tugas tambahan .

2. Penyusunan buku pedoman guru. 
Buku pedoman guru berisi rencana yang akan  dilakukan guru dalam kurun waktu satu tahun yang berkaitan dengan rencana kegiatan dan peningkatan kompetensinya sebagai guru.

3. Analisis KI-KD
Analisis KI-KD sebenarnya disusun pada awal tahun pelajaran , tujuannya untuk melihat keterkaitan dan kesesuaian antar pasangan KD yang berasal dari KI-3 dan KD yang berasal KI-4, sekaligus memperkirakan ruang lingkup dan kedalaman materi yang harus disajikan serta model pembelajaran yang tepat dalam pembelajarannya. Guru perlu mencek kembali analisis yang sudah dilakukan pada  semester 1.

4. Mereviu  program tahunan
Program tahunan telah disusun pada tahun ajaran 2019/2020 untuk semester 1 dan 2, maka tugas selanjutnya adalah memperhatikan program tahunan tersebut  kemudian melanjutkan dengan menyusun program semester 2 .

5. Menyusun program semester 2
Program semester 2 disusun berdasarkan program tahunnan yang telah disusun sebelumnya. apabila ada kegiatan (KD yang belum dibelajarkan) semester 1 maka dimasukkan dalam program semester 2

6. Menyusun silabus semester 2
Umumnya guru telah menyusun silabus secara lengkap dalam satu tahun, jika hal ini belum dilakukan maka guru wajib menyusun silabus di semester 2

7. Menyusun RPP
Saat ini masih muncul pertanyaan RPP model apa yang digunakan? Jawaban dari pertanyaan ini adalah diserahkan sama guru bersangkutan dengan pertimbangan RPP yang disusun harus fokus terhadap aktivitas dan membuat kreatif  peserta didik. RPP yang disusun mudah diimplementasikan dan fokus terhadap pembelajaran.  Mau RPP dengan model permendikbud no. 22 tahun 2016 atau RPP dengan model SE 14 tahun 2019 diserahkan kepada guru untuk memilih. Satu hal yang perlu diperhatikan RPP yang disusun dapat menumbuhkan/memunculkan PPK, 4c dan literasi.

8. Merencanakan penilaian
Penilaian yang direncanakan adalah penilaian proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar, baik aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.  Di awal semester guru mempersiapkan instrumen/tes penilaian  dan format-format yang dibutuhkan serta tugas-tugas yang harus dikerjakan peserta didik baik tugas terstruktur maupun tugas mandiri tidak terstruktur.

9. Jurnal /Agenda guru
Jurnal atau agenda guru berisi catatan dan batasan pelaksanaan kegiatan  yang berfungsi sebagai pengingat dan bukti dalam pelaksanaan tugas.

10. Daftar nilai dan Daftar hadir peserta didik
Daftar nilai peserta didik sudah harus disiapkan di awal tahun baik penilain sikap, pengetahuan maupun  keterampilan per KD sesuai mata pelajaran masing-masing. Daftar hadir digunakan untuk mengecek kehadiran peserta didik setiap kegiatan pembelajaran.

11. Media yang digunakan dalam pembelajaran
Perencanaan media sesuai dengan karakteristik materi, berfungsi untuk mempermudah peserta didik memahami konsep abstrak ke bentuk konkret. Media yang dipersiapkan dapat berupa media audio, media visual dan media audio visual.

12. Bahan ajar / materi ajar
Bahan ajar yang dipersiapkan dapat berupa buku, diktat, LKS, job sheet, hand out, leaflet dan lain-lain.

Semoga di awal tahun ini guru dapat melakukan persiapan yang lebih baik dalam mewujudkan pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan. 

0 komentar:

Post a Comment