Home » » Tata Cara Seminar Laporan PTK Guru

Tata Cara Seminar Laporan PTK Guru

Dalam  buku pedoman kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru pembelajar yang diterbitkan  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan  2016  disebutkan bahwa  laporan hasil penelitian harus dilengkapi dengan berita acara yang membuktikan  hasil penelitian tersebut telah diseminarkan di sekolah/madrasahnya dengan ketentuan sebagai berikut.

a.Seminar dilaksanakan di sekolah/madrasah/ KKG/ MGMP wilayah/atau tempat lain sesuai dengan yang dipersyaratkan, yaitu dihadiri   minimal 15 orang guru dari 3 sekolah setingkat. Syarat tersebut tidak berlaku untuk sekolah di daerah terpencil/ khusus/Sekolah Indonesia Luar Negeri

b.Berita acara berisi keterangan waktu, tempat, peserta, notulen seminar, dan dilengkapi dengan daftar hadir peserta dan ditandatangani oleh ketua panitia seminar dan kepala sekolah/madrasah yang ditempati seminar atau ketua KKG/MGMP wilayah.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas maka guru yang akan melaksanakan seminar Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  perlu memahami tata cara seminar laporan penelitian sehinga seminar ilmiah tersebut memenuhi syarat sebagai dokumen lampiran laporan PTK.

Selain itu penyaji, panitia dan peserta seminar ilmiah  mendapat bukti fisik berupa piagam atau surat keterangan yang dapat dinilai angka kreditnya sebagai panitia atau peserta seminar ilmiah.

Bukti fisik ini kelak dapat dijadikan dokumen bahan usul kenaikan pangkat untuk memperoleh angka kredit jabatan guru.  Ada pun persiapan dan tatacara atau tahapan pelaksanaan yang harus disediakan adalah:

1. Persiapan Tempat dan waktu seminar

Guru yang akan melaksanakan  seminar laporan kegiatan PTK  dapat diadakan di sekolah masing-masing guru tempat bertugas  dengan syarat peserta minimal 15 orang guru dan berasal dari minimal 3 sekolah yang setingkat. Apabila dilakukan di MGMP maka pesertanya cukup anggota peserta MGMP dengan jumlah  minimal 15 orang.

Agar seminar dapat terlaksana dengan baik maka guru calon penyaji PTK perlu mempertimbangkan tempat dan waktu yang tepat sehingga tidak menggangu proses pembelajaran di sekolah.dan peserta seminar yang akan diundang memungkinkan untuk menghadiri kegiatan seminar.

2.Panitia seminar

Sebelum melaksanakan seminar laporan PTK , guru perlu bermusyawarah untuk membentuk panitia, boleh melalui MGMP atau dibentuk di sekolah. Panitia seminar bekerja menurut tugasnya masing-masing sesuai kesepakatan. Dalam kepanitiaan perlu ditetapkan:

a. Ketua Panitia Seminar

Ketua adalah orang yang bertanggungjawab atas terlaksananya kegiatan seminar dengan baik dan membuat undangan , surat keterangan atau piagam. Ketua perlu membuat stempel panitia seminar untuk digunakan dalam dokumen persuratan.

b. Moderator

Moderator adalah unsur yang mengatur jalannya seminar dari awal sampai akhir. Lalu lintas pembicaraan selama seminar berlangsung diatur oleh moderator.

c.Notulis/sekretaris

Notulis atau sekretaris adalah unsur yang mencatat segala sesuatu selama kegiatan seminar berlangsung. Terakhir adalah menyimpulkan hasil diskusi tentang topik PTK yang diseminarkan.Notulen yang dicatat notulis dilampirkan dalam laporan PTK.

d.Peserta seminar

Peserta seminar adalah audiens dari kegiatan seminar. Peserta seminar akan membaca dokumen tertulis penyaji, mengajukan pertanyaan/saran maupun kritikan selama seminar.

e.Penyaji/pemrasaran

Penyaji adalah guru yang menyampaikan atau memaparkan laporan hasil kegiatan PTK. Penyaji juga akan menjawab segala pertanyaan yang diajukan oleh peserta diskusi. Diharapkan penyaji sudah membagikan bahan seminar kepada peserta sebelum seminar dimulai.

3.Administrasi Kelengkapan Seminar

Administrasi kegiatan seminar PTK terdiri dari surat undangan seminar, panitia kegiatan seminar, berita acara seminar., daftar hadir peserta, Notulen laporan seminar, foto-foto kegiatan, dan lain-lain

4.Sarana penunjang

Kelancaran seminar tak lepas dari sarana penunjang seperti proyektor, slide materi seminar, media audio/video.

5. Tata Cara Pelaksanaan 

Agar pelaksanaan kegiatan seminar berjalan lancar, tata tertib dan susunan acara disusun sedemikian rupa. Biasanya susunan acara pelaksanaan kegiatan seminar laporan PTK terdiri dari :

a.Pembukaan kegiatan seminar oleh moderator/Protokol
b. Doa **
c. Menyanyikan lagu Indonesia Raya **
b.Kata pengantar/Pengarahan  dari kepala sekolah/Pengawas /Dinas Pendidikan
d.Pemamaparan laporan PTK oleh guru penyaji
e.Diskusi dan tanya jawab dengan peserta seminar
f.Pembacaan kesimpulan oleh notulis
g.Penutup

tanda ** = dapat disesuaikan sesuai kondisi

Contoh Lembar Berita Acara Download DISINI

Melalui seminar  laporan PTK selain syarat untuk sebuah laopran PTK dan angka kredit juga akan diperoleh beberapa manfaat seperti:

1. Melatih untuk bersikap demokratis.
2. Melatih berfikir kritis, logis terhadap solusi sesuatu masalah
2. Melatih untuk bersikap toleransi.
3. Mengembangkan kepribadian.
4. Sarana melatih mengemukakan pendapat dan mendengarkan pendapat orang lain.
5. Menambah pengetahuan dan pengalaman.
6. Pengembangan kecendekiaan dan kreatifitas.

Demikian tatacara melaksanakan seminar laporan PTK bagi guru, semoga semakin banyak guru yang membuat PTK dan melakukan semin

0 komentar:

Post a Comment