Home » » Tanya Jawab Seputar Alat Peraga Sebagai Karya Inovatif

Tanya Jawab Seputar Alat Peraga Sebagai Karya Inovatif

Dalam pengumpulan  angka kredit guru khususnya  terkait dengan publikasi ilmiah dan karya inovatif, masih banyak guru yang hanya bertumpu pada jenis publikasi ilmiah sehingga mereka sulit mendapatkan angka kredit pada hal,  guru dapat membuat karya inovatif yang lebih sederhana yaitu alat peraga dan alat pelajaran.

Dengan  banyak pertanyaan guru terkait dengan karya inovatif ini maka penulis membuat dalam bentuk tanya jawab yang dimulai dari jenis alat peraga seperti di bawah ini:

1. Apa  yang disebut Alat Peraga itu?

Alat peraga adalah alat yang digunakan untuk memperjelas  konsep/teori/cara kerja tertentu yang dipergunakan dalam proses pembelajaran atau bimbingan.
2. Bagaimana kriteria alat peraga yang dapat dinilai?

Berupa alat yang berfungsi untuk memperjelas konsep/teori/cara kerja tertentu yang diper- gunakan dalam proses  pembelajaran/bimbingan. Pelaksanaan proses pembelajaran/bimbingan menjadi lebih jelas dan lebih efektif.
   
Alat peraga tersebut mempunyai ciri yaitu: memperjelas konsep/teori/cara kerja suatu alat, ada unsur modifikasi/inovasi bila sebelumnya sudah pernah ada di sekolah/madrasah tersebut.
     
Alat peraga dikategorikan kompleks apabila memenuhi kriteria:memiliki tingkat inovasi yang tinggi;tingkat kesulitan pembuatannya tinggi;memiliki konstruksi atau alur kerja yang rumit atau apabila berupa hasil modifikasi, memiliki tingkat modifikasi yang tinggi;waktu pembuatannya relatif lama, danbiaya pembuatannya relatif tinggi.

Baca juga: Teknik Penulisan Modul Pembelajaran 


Alat peraga dikategorikan sederhana apabila memenuhi kriteria:memiliki tingkat inovasi yang rendah;tingkat kesulitan pembuatannya yang rendah;memiliki konstruksi atau alur kerja yang tidak rumit atau apabila berupa hasil modifi- kasi, memiliki tingkat modifikasi yang rendah;waktu pembuatannya relatif pendek; danbiaya pembuatannya relatif rendah.

3. Apa saja Jenis alat peraga yang dapat di buat  guru?

a. Poster atau gambar untuk pelajaran


b. Alat permainan pendidikan


c. Model benda atau barang atau alat tertentu


d. Benda potongan (cutaway object)


e. Film/video pelajaran pendek


f. Gambar animasi komputer, dan


g. Alat peraga lain
4.  Bagaimana format  laporan pembuatan alat peraga itu?
Format Laporan Pembuatan Alat Peraga sebagai berikut:

Halaman judul, memuat jenis laporan (tuliskan Laporan Pembuatan Alat Pelajaran), nama alat pelajaran, nama pembuat, NIP bagi PNS, dan nama sekolah/ lokasi.


Halaman pengesahan oleh kepala sekolah.


Halaman pernyataan dari pembuat bahwa alat peraga ini benar-benar asli hasil karya  guru bersangkutan.


Kata Pengantar


Daftar Isi


Daftar Gambar/Foto


Nama Alat Peraga


Tujuan


Manfaat


Rancangan/desain alat peraga (dilengkapi dengan gambar rancangan atau diagram  alir serta daftar dan foto alat dan bahan yang digunakan).


Prosedur pembuatan alat peraga (dilengkapi dengan foto pembuatan)


Penggunaan alat peraga di sekolah/madrasah (dilengkapi dengan foto penggunaan).
5. Apa saja bukti fisik yang disertakan  pembuatan alat peraga ?

Bukti Fisik yang harus disertakan untuk mendapatkan Angka Kredit pembuatan alat peraga itu adalah:


Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat peraga yang dilengkapi  dengan gambar/foto alat peraga tersebut bila alat peraga tidak memungkinkan untuk dikirim.


Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat peraga yang dilengkapi dengan alat peraga yang dibuat bila alat peraga tersebut memungkinkan untuk dikirim.


Lembar pengesahan/pernyataan dari Kepala Sekolah/madrasah bahwa alat peraga tersebut  dipergunakan di sekolah/madrasah.


6.  Berapa besaran angka kredit pembuatan alat peraga ? 

Besaran angka kredit pembuatan alat peraga itu adalah sebagai berikut.

Kategori kompleks, diberi angka kredit 2.


Kategori sederhana, diberi angka kredit 1


Angka kredit diberikan setiap kali menghasilkan alat peraga dan dapat dilakukan oleh  perorangan atau tim.



Dari enam jawaban pertanyaan di atas, para guru diharapkan telah dapat  memahami apa yang disebut alat peraga, kriteria sehingga dapat dinilai angka kreditnya, jenis alat peraga yang dapat dibuat guru dan format laporan yang harus disiapkan sebagai bukti fisik. 

Angka kredit pembuatan alat peraga kategori kompleks 2 dan sederhana 1. Semoga guru dapat membuatnya agar cepat naik pangkat. 



1 komentar: