Home » » Tips Meningkatkan Peran Serta Orang Tua Dalam Program Sekolah

Tips Meningkatkan Peran Serta Orang Tua Dalam Program Sekolah

Agar program sekolah dapat terlaksana secara optimal, sekolah perlu mendapatkan dukungan dari orang tua, dan masyarakat sekitar (lingkungan sekolah). Sebaik apa pun program tanpa bantuan orang tua dan masyarakat  akan sulit terlaksa dan memberikan hasil yang diharapkan. Kepala sekolah harus membuat gagasan-gagasan  untuk meningkatkan peran orang tua maupun masyarakat sehingga dinamika kegiatan di sekolah dapat terlaksana.

Dibawah ini diberikan beberapa tips yang mungkin sekolah sudah melaksanakan bahkan lebih, namun bagi sekolah yang selama ini hubungan dan keterlibatan orang tua dan masyarakat masih rendah ada baiknya menggunakan tips ini.


A. Orang tua peserta didik


1. Mengundang orang tua peserta didik di awal tahun  menyatakan  selamat bergabung , perkenalan dan orientasi singkat tentang sekolah agar orang tua mengetahui visi, misi, tujuan ,dan program sekolah serta aktivitas yang dilakukan


2. Bagikan daftar personal sekolah secara lengkap ke pada orang tua, termasuk alamat, telepon/HP dan tugas-tugas pokok mereka. Sehingga orang tua sewaktu-waktu dapat menghubungi,


3. Lakukan rapat tertentu dengan oran tua, dan sebaiknya dilakukan pada level kelas, selain lebih efektif orang tua akan tau dengan perkembangan terakhir anak mereka.


4. Mengirimi berita sekolah secara periodik, baik termasuk peraturan akademik, disiplin sekolah, tata tertib dan kegiatan-kegiatan peserta didik dan guru.


5. Mengundang orang tua jika anaknya berprestasi, tidak tepat kalau orang tua diundang kalau anaknya bermasalah


6. Melakukan kunjungan rumah (home visit) jika diperlukan,


7. Melibatkan orang tua sebagai sponsor atau panitia kegiatan di sekolah, seperti  dalam perpisahan, peringatan hari besar nasional maupun keagamaan, pesta seni dan sebagainya.


8. Memberi peran orang tua untuk mengambil keputusan, sehingga merasa bertanggungjawab untuk melaksanakannya,


9. Memberi dorongan kepada guru dan tenaga administrasi agar mereka turut serta melibatkan orang tua dalam menunjang keberhasilan belajar siswa.


10. Jika ingin meminta bantuan, sumbangan  maupun bantuan pembiyaan dari orang tua maka sekolah terlebih dahulu memprakarsai pembentukan komite sekolah dengan rapat bersama dengan orang tua peserta didik. Susun program sebaik-baiknya lakukan sosialisasi kepada komite, tawarkan program (jual program) melalui peran serta komite sekolah. Sebaiknya dalam menyusun program perlu melibatkan orag tua peserta didik.


B. Orang tua atau  masyarakat sekitar


1.Turut melaksanakan program –program kemasyarakatan, misalnya kebersihan lingkungan, membantu lalu lintas di sekitar sekolah dan lain-lain


2. Mengadakan open house yang memberi kesempatan kepada masyarakat luas untuk mengetahui kegiatan dan program sekolah.


3. Mengadakan bulletin sekolah atau majalah atau lembar informasi maupun website sekolah, yang memuat kegiatan dan program sekolah  untuk menginformasikan kepada masyarakat,


4. Mengundang tokoh untuk menjadi pembicara atau pembina suatu program sekolah


5. Membuat program kerja sama sekolah dengan masyarakat maupun lembaga-lembaga pemerintah di sekitar.


C. Cara mengendalkan tokoh atau masyarakat yang memiliki keinginan tertentu agar program sekolah sama dengan keinginannya


1. Sekolah perlu menghargai gagasan, tetapi tidak harus menuruti jika tidak sesuai dengan program induk sekolah. Kepala sekolah dapat mengatakan bahwa gagasannya sangat bagus tetapi belum dapat dilaksanakan karena tidak termasuk dalam program induk sekolah.


2. Jika ada tokoh yang kritis dan bersikeras, perlu dipikirkan seberapa penting peran yang bersangkutan dalam pengembangan sekolah. Artinya jika keinginannya tidak terlaksana yang bersangkutan tidak aktif lagi, maka sekolah harus siap cara mengatasinya.


3. Jika terjadi konflik antara tokoh atau anggota masyarakat yang sama-sama aktif dalam program sekolah, kepala sekolah harus netral. Kedua belah pihak harus diajak musyawarah dengan pedoman keterlaksanaan program pengembangan sekolah.


4. Pahami aturan /regulasi yang berlaku, dan mengarahkannya agar tokoh/masyarakat dapat memahami regulasi yang berlaku.


Kemampuan menjalin kerjasama yang baik menjadi bagian tugas kepemimpinan kepala sekolah yaitu mempengaruhi, menggerakkan, mengarahkan, memberdayakan  dan mengembangkan sumberdaya yang ada.  Demikian beberapa tips sebagai alternatif yang dapat dilaksanakan sekolah, dan sebelumnya diawali menyusun program khusus dalam bidang Humas . Sekolah harus bersifat inklusif dan menghindari sifat eksklusif dari masyarakat sekitar.








0 komentar:

Post a Comment