Home » » Cara Melaksanakan 9 Kajian Manajerial Bagi Calon Kepala Sekolah

Cara Melaksanakan 9 Kajian Manajerial Bagi Calon Kepala Sekolah


Melakukan kajian manajerial bagi calon kepala sekolah bertujuan untuk meningkatkan kemampuan calon kepala sekolah terhadap peraturan/regulasi  dalam pengelolaan sekolah,  pemahaman terhadap kondisi nyata terhadap sekolah, sikap kritis dan kesadaran terhadap temuan permasalahan di sekolah yang dipimpinnya, serta mampu memikirkan dan mencetuskan ide baru/alternatif solusi  sehingga sekolah dapat berkembang ke arah yang lebih maju.

Ringkasnya calon kepala sekolah dalam mengelola sekolah yang  dipimpin harus mamahami standar/aturan, mampu membaca situasi/kondisi nyata sekolah, dapat merumuskan masalah yang dihadapi kemudian dapat mencarikan alternatif solusi perbaikan dengan menggunakan cara/ide baru sehingga sekolah semakin baik.

Tugas mengkaji 9 aspek manajerial dilaksanakan calon kepala sekolah di sekolahnya sendiri (magang 1)  dan sekolah lain (magang 2), dengan alokasi waktu maing-masing 40 jam di sekolah sendiri dan 20 jam di sekolah magang 2

Caranya adalah dengan mengetahui komponen-komponen standar/aturan dari setiap kajian, kemudian membandingkan kondisi nyata (yang terjadi/ada) disekolah dengan kondisii ideal(kondisi menurut standar/aturan baku.) Selanjunya melihat kesenjangan antara kondisi nyata dengan kondisi ideal hingga dapat merumuskan masalah/kesenjangan kemudian memberi gagasan baru dalam bentuk alternatif solusi.

Langkah-langkah melaksanakannya
1. Persiapkan matriks kajian untuk 9 aspek manajerial  di sekolah magang 1 dan 2
2. Untuk memudahkan kita dalam melakukan tugas ini dapat dilakukan dengan bantuan instrument dan catatan pendukung yang dibuat sendiri oleh calon kepala sekolah. Teknik yang dapat dilakukan adalah studi dokumen, wawan cara dan observasi.
 3. Berkunjung ke sekolah magang dengan  membangun komunikasi /koordinasi terhadap kepala sekolah, guru dan staf di sekolah magang 1 dan 2. Berikut ini contoh matriks kajian manajerial Rencana Kerja Sekolah.

Matriks Kajian On The Job Learning
Bahan Kajian :

1.     Rencana Kerja Sekolah (RKS) Di ....

No
Aspek/Komponen
Kondisi Ideal
Kondisi Saat ini
Kesenjangan
Alternatif Solusi
1
Penyusunan EDS
Dilaksanakan oleh Tim Pengembang Sekolah (TPS)






Dilaksanakan setiap setahun sekali



2
Pemanfaatan EDS
Hasil EDS dijadikan dasar dalam penyusunan RPS/RKS dan RAPBS/RKAS



3
Mekanisme penyusunan RKS
RKJM dan RKS disusun oleh tim penyusun RKJM/RKS



4.
Dst.




Cara Mengisinya:
1. Aspek/Komponen : disisi dengan komponen-komponen yang di kaji, misalnya kita mengkaji RKS maka pada kolom ini di isikan komponen apa saja yang harus ada dalam RKS menurut standar (semestinya), Dimulai dari : Penyusunan EDS, Pemanfaatan EDS, Mekanisme penyusunan RKS dst. Hingga sebuah RKS dimiliki sekolah dan dimanfaatkan sesuai aturan.
2.  Kondisi Ideal : di isi dengan kondisi seharusnya menurut standar atau aturan yang berlaku, misalnya  Dilaksanakan oleh Tim Pengembang sekolah , perlu di igat sebagian besar sekolah EDS ini sudah menggunakan instrument pemetaan mutu pendidikan.
3. Kondisi saat ini : di isi dengan kondisi nyata (terjadi  /yang ada) di sekolah magang 1 dan 2 saat ini per aspek. Contoh di atas misalnya tentang pembentukan TPS kalau belum ada di tulis sekolah belum membentuk TPS
4. Kesenjangan : Kesenjangan adalah masalah yaitu selisih /perbedaan kondisi ideal dengan kenyataan   di sekolah. Rumuskan masalahnya dengan kalimat yang jelas .
5. Alternatif solusi : di si dengan ide/pendapat/gagasan calon kepala sekolah dalam pemecahan masalah tersebut. Namanya alternatif maka memungkinkan banyak cara/solusi untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Semakin banyak alternatif solusi yang dikemukakan semakin baik , artinya calon kepala sekolah mampu memberi pilihan gagasan dalam pemecahan masalah yang dihadapi masalah.
Baca Juga: Penyusunan RPP Dalam Tugas OJL Cakep

Hal demikian dilaksanakan untuk dua sekolah magang 1 dan 2  dengan sembilan kajian manajerial berikut:
1. Kajian RKS

2. Kajian Pengelolaan Kurikulum
3. Kajian Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
4. Kajian Pengelolaan Sarana Prasarana Sekolah
5. Kajian Pengelolaan Peserta Didik
6. Kajian Pengelolaan Keuangan Sekolah
7. Kajian Pengelolaan Ketatausahaan Sekolah
8. Kajian Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran
9. Kajian Sistem Monitoring dan Evaluasi

Demikian tugas 9 kajian manajerial disusun dengan penuh tanggungjawab dan kejujuran.
 Lampiran Kajian  9 AspekManajerial yang Harus Ada Dalam Laporan
a.  Matrik kajian 9 aspek manajerial yang telah diisi (dari dua sekolah), lengkap dengan tanda tangan calon kepala sekolah dan kepala sekolah magang
b.  RKS cukup melampirkan copy hal judul, lembar pengesahan dan daftar isi dari dua sekolah
c.  Kurikulum cukup melampirkan copy hal judul, lembar pengesahan dan daftar isi dari dua sekolah
d.  Contoh lap. Keungan satu keg. (dimuali dari order kepada toko s/d berita acara serah terima barang)
e.  Pendidik danTenaga Kependidikan (PTK), Ketatausahaan dan Sarana-prasarana cukup copy Profilsekolah.
f.  Pesertadidik copy SK PPBDB
g.  Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran, copy contoh pembelajaran yang menggunakan TIK
h.  Monev, copy laporan kegiatanmonev ( satu kegiatan .)
i.   Dokumentasi


0 komentar:

Post a Comment