Home » » Tips Membuat Proposal PTK

Tips Membuat Proposal PTK

A. JUDUL PENELITIAN

Judul penelitian hendaknya singkat dan spesifik tetapi cukup jelas mewakili gambaran tentang masalah yang akan diteliti dan tindakan yang dipilih untuk menyelesaikan atau sebagai solusi terhadap masalah yang dihadapi

Judul harus dapat menjawab minimal 3 pertanyaan :
What : apa yang mau ditingkatkan
Who : Siapa yang mau ditingkatkan
How : Bagaimana cara meningkatkan, boleh dilengkapai dengan jawaban pertayaan where dan when.

Penggunakan kartu bilangan dapat meningkatkan pemahaman konsep Operasi bilangan pecahan pada siswa kelas V SD X... semester I th 2018

Apa yang mau ditingkatkan : pemahaman konsep operasi bilangan pecahan
Siapa yang mau ditingkatkan : siswa kelas V SD
Bagaimana cara meningkatkan : Dengan menggunakan kartu bilangan
Judul di atas telah dapat menjawab tiga pertanyaan, berarti syarat judul terpenuhi tinggal menambahkan keterangannya.


B. LATAR BELAKANG MASALAH
Penelitian dilakukan untuk memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran. Kemukakan secara jelas bahwa masalah yang diteliti merupakan sebuah masalah yang nyata terjadi di sekolah dan diagnosis oleh guru dan/atau tenaga kependidikan lainnya di sekolah.

Masalah yang akan diteliti merupakan sebuah masalah penting dan mendesak untuk dipecahkan, serta dapat dilaksanakan dilihat dari segi ketersediaan waktu, biaya, dan daya dukung lainnya yang dapat memperlancar penelitian tersebut.

Setelah didiagnosis (diidentifikasi) masalah penelitiannya, maka selanjutnya perlu diidentifikasi dan dideskripsikan secara cermat akar penyebab dari masalah tersebut. Penting juga digambarkan situasi kolaboratif antar anggota peneliti dalam mencari masalah dan akar penyebab munculnya masalah tersebut.

Di samping itu, prosedur dan alat yang digunakan dalam melakukan identifikasi (inventarisasi) perlu dikemukakan secara jelas dan sistematis.
Mulailah menulis kondisi ideal atau kondisi yang diharapkan, kemudian tuliskan kenyataan yang terjadi disekolah/kelas, perlihatkan kesenjangan yang terjadi antara harapan dengan kenyataan.
Berikan solusi bagaimana kita menyelesaikan masalah tersebut dan dampaknya jika tidak segera diselesaikan, jelaskan pula semua fasilitas yang dibutuhkan untuk pemecahan masalah

C. PERUMUSAN MASALAH
Rumuskan masalah penelitian dalam bentuk suatu rumusan penelitian tindakan kelas. Dalam perumusan masalah dapat dijelaskan definisi, asumsi, dan lingkup yang menjadi batasan penelitian. Rumusan masalah sebaiknya menggunakan kalimat tanya dengan mengajukan alternatif tindakan yang akan diambil dan hasil positif yang diantisipasi.

Rumusan masalah biasanya menggunakan kata Tanya “apakah” dan “bagaimana” jika tindakan yang didahulukan gunakan kata tanya apa , namun jika hasil yang didahulukan gunakan kata tanya “bagaimana”

Apakah penggunakan kartu bilangan dapat meningkatkan pemahaman konsep Operasi bilangan pecahan pada siswa kelas V SD X...
semester I th 2018?

D. PEMECAHAN MASALAH
Uraikan pendekatan dan konsep yang digunakan untuk menjawab masalah yang diteliti, sesuai dengan kaidah penelitian tindakan kelas. Cara pemecahan masalah telah menunjukkan akar penyebab permasalahan dan bentuk tindakan (action) yang ditunjang dengan data yang lengkap dan baik.

Mengapa siswa tidak aktif bertanya dalam pelajaran matematika?
Sumber masalah: Guru terlalu kaku, tidak komunikatif, tidak menyenangkan, tidak ada media, dan sebagainya.
Media tidak menarik
Penggunaan Media yang menarik
Meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas IV SD … X melalui penggunaan media yang menarik dan sesuai

E. TUJUAN PENELITIAN
Kemukakan secara singkat tentang tujuan penelitian yang ingin dilakukan dengan mendasarkan pada permasalahan yang dikemukakan. Tujuan umum dan khusus diuraikan dengan jelas, sehingga tampak keberhasilannya.

F. MANFAAT PENELITIAN
Dalam menjelaskan manfaat penelitian, tidak perlu muluk-muluk cukup sebatas ruang lingkup tugas dan fungsi kita yaitu manfaat untuk siswa, guru, sekolah dan dinas pendidikan setempat. Kemukakan inovasi yang akan dihasilkan dari penelitian ini.

G. TINJAUAN PUSTAKA
Uraikan dengan jelas kajian teori dan pustaka yang menumbuhkan gagasan yang mendasari penelitian yang akan dilakukan. Kemukakan teori, temuan dan bahan penelitian lain yang dipahami sebagai acuan, yang dijadikan landasan untuk menunjukkan ketepatan tentang tindakan yang akan dilakukan dalam mengatasi permasalahan penelitian tersebut.

Uraian ini digunakan untuk menyusun kerangka berpikir atau konsep yang akan digunakan dalam penelPada bagian akhir dikemukakan hipotesis tindakan yang menggambarkan tingkat keberhasilan tindakan yang diharapkan/diantisipasi.

BACA : CARA MENYUSUN LAPORAN PTK BAB I

H. METODE PENELITIAN
Uraikan secara jelas prosedur penelitian yang akan dilakukan. Kemukakan obyek, latar waktu dan lokasi penelitian secara jelas. Prosedur hendaknya dirinci dari perencanaan-tindakan-observasi/evaluasi-refleksi, yang bersifat daur ulang atau siklus.

Tunjukkan siklus-siklus kegiatan penelitian dengan menguraikan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam satu siklus sebelum pindah ke siklus lainnya. Jumlah-jumlah siklus diusahakan lebih dari satu siklus, dan satu siklus minimal dua kali pertemuan. Bagian-bagaian yang harus terlihat penjelasannya pada metode penelitian adalah: setting penelitian, subjek penelitian, jenis penelitian, prosedur penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data dan indikator keberhasilan/capaian.

I. JADWAL PENELITIAN
Buatlah jadwal kegiatan penelitian yang meliputi kegiatan persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan hasil penelitian dalam bentuk bar chart. Jadwal kegiatan penelitian disusun selama 1-6 bulan.
(Catatan: Karya Tulis penelitian maksimun hanya 2 yang dapat dinilai dalam satu tahun)

BACA : CARA MENYUSUN LAPORAN PTK BAB II

J. PERSONALIA PENELITIAN
Jumlah personalia penelitian jika dalam bentuk tim maksimal 5 orang, yang terdiri dari: 1 orang Ketua Peneliti dan 4 orang guru di sekolah. Uraikan peran/tugas dan jumlah waktu yang digunakan dalam setiap bentuk kegiatan penelitian yang dilakukan. Penelitian tindakan kelas sebaiknya dilakukan secara kolaborasi. Namun apabila peneliti bertindak sekaligus observer harus dijelaskan dengan rinci.


Lampiran-lampiran
1. Daftar Pustaka, yang dituliskan secara konsisten menurut model APA, MLA atau Turabian.
2. Riwayat Hidup Ketua Peneliti dan Anggota Peneliti (Cantumkan pengalaman penelitian yang relevan telah dihasilkan sampai saat ini )

3. BACA : CARA MENYUSUN LAPORAN PTK BAB III

Selamat membuat proposal kepada teman-teman semua.
Bahan Bacaan:
Direktorat Pembinaan SMA . (2007). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah pada Kegiatan Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah. Jakarta:
Direktorat Pembinaan SMA.

Yudistira, D. (2012). Menyusun Karya Tulis Ilmiah, Penelitian Tindakan Kelas Yang Memenuhi Kriteria APIK, Bandung:CV. Alfabeta.


0 komentar:

Post a Comment